BUTON UTARA

Pemda Butur akan Terus Meningkatkan Siar Agama di Masyarakat

Bupati Butur, Abu Hasan saat memberikan sambutan pada acara peringatan Nuzulul Qur'an

KOLAKAPOS, Buranga — Pemerintah Daerah Buton Utara (Pemda Butur) akan terus berupaya meningkatkan siar Islam dan membuka ruang bagi kehidupan beragama di masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Buton Utara, Abu Hasan dalam sambutanya pada peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1440 Hijriah yang digelar di Mesjid Atqwa Kulisusu, Selasa, 21 Mei 2019 malam.

“Pemerintah Daerah Buton Utara akan terus berupaya meningkatkan siar Islam dan membuka ruang bagi kehidupan beragama di masyarakat, “ujar Abu Hasan dalam sambutanya.

Olehnya itu, kata Abu Hasan, dengan kemajuan teknologi menjadi tantangan tersendiri bagi keberlangsungan peradaban sosial dan memiliki plus minus dalam perkembagan sosial kemasyarakatan.

“Keseimbangan psikis, keseimbangan sosial, dan keseimbangan spritual sering dipengaruhi dan digerus oleh kemajuan teknologi itu sendiri, “ungkapnya.

Selanjutnya, ceramah dalam kegiatan itu dihantarkan oleh Ustaz Zainal Mustamin, Ketua Dewan Pengurus Wilayah Badan Komunikasi Pengurus Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) Sultra.

Dalam ceramahnya tersebut, Ia menyebutkan, hikma Alquran hanya diperoleh bagi mereka yang sucih hatinya. Maka beruntunglah bagi mereka yang mensucikan dirinya dan merugilah bagi mereka yang mengotori hatinya.

“Cara untuk membersihkan hati kita dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dalam momentum Nuzul Qur’an mari kita memahami isi kandungan Alquran, “kata Zainal Mustamin.

Ia menjelaskan, adapun ciri orang yang memahami nilai-nilai Alqur’an akan selalu mendapatkan petunjuk dan solusi ketika diperhadapkan dengan masalah, selalu menyaring dan menganalisa terlebihdahulu informasi yang diperolehnya, serta memiliki kesolehan sosial dan kesolehan spritual. (k10/c/hen)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top