BERITA UTAMA

7 Daerah di Sultra Menggelar Pilkada Serentak Pada 2020 Mendatang

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir

KOLAKAPOS, Kendari — Komisi Pemilihan Umum (KPU), RI telah menetapkan sebanyak tujuh daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra), yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), secara serentak pada 2020 mendatang.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir mengatakan, tujuh daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak itu sesuai dengan undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur dan bupati atau wali kota. “Ke tujuh kabupaten itu yakni, Kabupaten Muna, Buton Utara, Konawe Kepulauan (Konkep), Wakatobi, Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Timur, dan Kabupaten Konawe Utara,” ungkap La Ode Abdul Natsir saat ditemui di ruang kerjanya. Jumat, (24/05).

KPU dari tujuh daerah yang melaksanakan pemilihan serentak, sudah mulai melakukan koordinasi bersama pemerintah daerah setempat untuk mengajukan anggaran Pemilu yang harus dimasukkan pada anggaran perubahan tahun 2019 ini. Karena tahapan pilkada serentak mulai dilaksanakan pada September 2019.

Bang Ojo sapaan karibnya menegaskan, pendanaan pilkada tersebut, dibebankan kepada daerah pelaksana. Hal ini telah diatur dalam undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pilkada pasal 166 ayat 1 dan 2.

Aturan tersebut menyebutkan pendanaan kegiatan pemilihan dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan dapat didukung oleh APBN sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. “KPU tujuh daerah tersebut diharapkan sudah memasukkan rencana penggunaan anggaran pada pilkada serantak yang tahapannya akan dimulai pada september mendatang,” pungkasnya. (P2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!