MUNA

Bukber di Lorong LM Rusman Emba, LM Rajiun Tumada : Satukan Adat dan Budaya Muna Fato Ghoerano

Bupati Muna Barat, LM Rajiun Tumada Silaturahim dan Bukber di lorong kediaman Bupati Muna LM Rusman Emba

KOLAKAPOS, Raha — Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada menghadiri undangan buka puasa bersama (Bukber) yang digelar di rumah seorang pejabat Pemda Muna Barat di kompleks kediaman Bupati Muna LM Rusman Emba, tepatnya lorong Lumba-Lumba kelurahan Laiworu kecamatan Batalaiworu, Kamis sore (23/5).

Dalam sambutannya LM Rajiun Tumada mengatakan, kehadirannya di kabupaten Muna selama bulan suci ramadhan semata-mata untuk memenuhi undangan masyarakat. Hal tersebut ia lakukan agar hubungan silaturahmi antara Muna dan Muna Barat terus terjaga.

Menurutnya, Kabupaten Muna dan Muna Barat hanya dipisahkan oleh sistem administrasi pemerintahan. Namun dari sisi adat dan Budaya, masyarakat Muna dan Muna Barat adalah satu kesatuan yang lahir dari empat pilar besar yang disebut dengan Fato Ghoerano (empat wilayah besar,red) yakni Ghoerano Lawa, Ghorano Katobu, Ghoerano Tongkuno dan Ghoerano Kabawo. ” Adat dan Budaya, masyarakat Muna dan Muna Barat adalah satu kesatuan yang lahir dari empat pilar besar yakni Fato Ghoerano. Ini harus kita jaga bersama. Wujud pernyataan kita hari ini adalah mempererat silaturahim, mempererat ibadah kita, mensucikan diri kita pada bulan ramadhan,” ujarnya

Sayang, saat di konfirmasi Kolaka Pos, LM Rajiun Tumada belum dapat memberikan kepastian apakah Ia berani tampil di Pilkada Muna 2020 mendatang untuk melawan petahana LM Rusman Emba. “Saya belum, saya hanya buka puasa saja ini. Silaturahmi dengan masyarakat,” singkatnya.

Pantauan Kolaka Pos dalam kegiatan Bukber Kamis sore tersebut sangat menarik. Sebab, selain lokasi Bukber Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada di lorong kediaman Bupati Muna LM Rusman Emba, rupanya dalam waktu yang bersamaan dan hanya berbataskan pagar rumah, seorang pejabat Pemda Muna juga menggelar Bukber dan dihadiri oleh Wakil Bupati Muna Abdul Malik Ditu dan Istri Bupati Muna, Yanti Setiawati Rusman Emba.
(m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top