METRO KOLAKA

PT Vale Komitmen Bakal Bangun Smelter di Kolaka

Ilustrasi Smelter/ Net

KOLAKAPOS, Kolaka — Tanda-tanda pembangunan pabrik ore nikel milik PT Vale rupanya mulai ada titik terang. Buktinya, saat ini PT Vale mulai melakukan tahapan pengurusan izin pendirian pabrik pemurnian nikel (smelter).

Hal ini diungkapkan Manajer PT Vale, Misdar belum lama ini. “Kita memang berencana akan membangun pabrik di Kolaka pada 2019 ini jika semua izin telah terpenuhi, dan sebagai tahapan awal kita akan mengurus izin prinsip, dan beberapa izin lainnya agar dalam pembangunan pabrik nanti dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Misdar, Senin (20/5).

Misdar menjelaskan saat ini PT Vale tengah sibuk melakukan pengurusan izin baik tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten. “Kami sementara mengurus izin prinsip pada bupati Kolaka, yang saat ini masih berproses. Dan kami telah melakukan komunikasi sama bapak Gubernur Sultra agar terkait izin dapat segera diselesaikan agar pembangunan pabrik dapat segera kita laksanakan,” akunya.

PT Vale memiliki konsesi pertambangan di dua kecamatan di Kolaka, yakni di kecamatan Baula dan Pomalaa. Terkait kontribusinya terhadap daerah, Misdar mengaku jika PT Vale setiap tahun perusahannya selalu mengalokasikan dana CSR hingga Rp3 miliar. Namun, kata Misdar, dana tersebut tidak disalurkan dalam bentuk tunai, melainkan dipergunakan untuk mendanai pembangunan insfrastruktur.

“Yang jelasnya setiap tahunnya kami selalu memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah Kolaka. Terkait kerjasama PT Vale dengan PT Antam itu nanti akan dipikirkan kembali, karena itu juga salah satu saran bupati Kolaka (Ahmad Safei) saat saya komunukasi mengenai izin prinsip pembangunan Smelter di Kolaka,” bebernya.
(k9/c).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top