BERITA UTAMA

68 Siswa Ikut Seleksi di University Of Arizona Amerika

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka Drs H Salamansyah, M. Si

KOLAKAPOS, Kolaka — Sebanyak 68 siswa SMA/SMK se-kabupaten Kolaka mencoba keberuntungan untuk bisa berkuliah di University Of Arizona Amerika Serikat. Ini merupakan kerjasama antara Pemda Kolaka dengan Universitas Sampoerna Jakarta, dimana Universitas Sampoerna merupakan mitra dari University Of Arizona sehingga putra-putri Kolaka memiliki kesempatan untuk bisa berkuliah di universitas Sampoerna yang merupakan kampus bertaraf internasional.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikkbud) Kolaka H Salamansyah mengatakan, tahun ini Pemda Kolaka telah melakukan kerjasama dengan universitas Sampoerna Jakarta, sehingga tahun ini juga putra-putri Kolaka berkesempatan untuk mencoba masuk di universitas Sampoerna melalui tes yang telah dilaksanakan baru-baru ini.

” Pekan lalu ada 68 siswa SMA dan SMK mengikuti tes seleksi untuk bisa berkuliah di kampus Sampoerna, ” ungkapnya saat ditemui media ini, Jumat (24/5).

H Salamansyah menjelaskan bahwa universitas Sampoerna merupakan kampus ternama yang ada diJakarta dan kampus tersebut melakukan kerjasama dengan kampus Arizona, sehingga materi perkuliahan yang dilaksanakan di kampus Sampoerna mengikuti kurikulum kampus Arizona. Jadi proses seleksi yang dilakukan berstandar internasional karena soal yang disajikan merupakan soal dari kampus University Of Arizona.

Sehingga siswa harus menjawab soal-soal dengan mengunakan bahasa Inggris.

” Jadi tes awal berbentuk diagnosis test kemudian ada tes cat arad yang langsung terkontak dengan Arizona, jadi ada beberapa tahapan tes yang nantinya akan dilakukan siswa yang lulus tes awal. Dan memang persyaratannya berat karena semua menggunakan bahasa Inggris akan tetapi saya yakin pasti akan ada yang bisa lolos, karena skil anak-anak kita sudah cukup baik, ” jelasnya.

Adapun kata Salamansyah, jumlah siswa yang akan diterima tergantung hasil tesnya apakah sudah sesuai standar yang diharapkan oleh University of Arizona jadi tergantung hasil tes yang menentukan berapa jumlah yang akan diterima. Dan jurusan yang dibuka ada tiga jurusan yakni jurusan teknik, jurusan akuntansi dan jurusan manajemen yang mana proses perkuliahan bagi yang dinyatakan lulus sesuai jadwal masuknya mahasiswa baru tahun ini.

” Jika lulus semuanya akan ditanggung oleh PT Sampoerna dan kuliahnya mereka diJakarta tapi hanya semua kurikulumnya dari University Of Arizona termaksuk pengajarnya dari sana semua. Karena kalau mereka langsung kesana lebih banyak biaya akan tetapi ada kesempatan satu semester mereka disana untuk berkuliah ini sesuai rencana PT Sampoerna, ” lanjutnya.

Untuk itu, Salamansyah berharap agar ada siswa yang bisa lolos dalam seleksi, meskipun nantinya banyak yang tidak akan lolos akan tetapi siswa telah merasakan pengalaman bagaimana ikut tes diperguruan tinggi yang bertaraf internasional. Meskipun proses masuknya berat akan menjadi mudah kedepannya.

” Harapan kita muda-mudahan ada yang bisa lolos dan meskipun nanti banyak yang tidak lolos akan tetapi para siswa telah mencoba tes yang berstndar internasional dan mereka juga bisa rasakan seperti inilah bentuk tes jika ingin berkuliah keluar negeri, ” harapnya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top