KONAWE SELATAN

Longsor, Dua Titik Jalan Poros di Konsel Nyaris Putus

Kepala Satuan Lantas (Satlantas) Polres Konsel Iptu Yonathan, saat meninjau jalan longsor di Desa Anduna. FOTO: Sapruddin Kolaka Pos 

KOLAKAPOS, Andoolo — Jalan poros Kendari-Konsel tepatnya di Desa Anduna Kecamatan Laeya sangat memperihatinkan, bahkan jalan tersebut amblas dan nyaris putus akibat longsor, meski demikian tidak ada perhatian serius dari pemerintah terkait, Senin (27/5).

Kepala Satuan Lantas (Satlantas) Polres Konsel Iptu Yonathan mengatakan,
berdasarkan informasi diperoleh jalan tersebut merupakan tanggungjawab Provinsi, atas dasar itu sehingga pemerintah Kabupaten enggan untuk memperbaikinya. Begitu pula jalan poros Konsel-Bombana tepatnya di Desa Punggapu Kecamatan Andoolo.

“Ada dua titik jalan yang rusak parah, terkait hal ini, kita sudah pernah menyurat ke Dinas PU Provinsi maupun Kabupaten. Namun tidak pernah ada titik terang, dengan alasan jalan tersebut akan segera diperbaiki tahun ini. Sehingga untuk pemeliharan tidak bisa lagi,” ungkapnya.

Begitu juga lanjut dia, dengan pihak PU Kabupaten Konsel, pihaknya sudah berkoordinasi. Namun jawaban Kabupaten tidak ada anggaran untuk itu. Karena bukan domain Kabupaten melainkan PU Provinsi.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita hanya bisa pasang tanda hati-hati sebagai warning bagi pengendara yang melintasi jalan tersebut agar lebih hati-hati. Harusnya ada langkah serius, jangan menunggu putus betul baru ada perbaikan, apa lagi ini juga dilewati oleh masyarakat Konsel,” keluhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, terkait solusi atas masalah jalan tersebut, pihaknya sudah pernah membicarakan kepada salah satu perusahaan di daerah itu, agar bisa menyumbangkan timbunan.

“Perusahaan itu sudah mau menimbun, hanya saja tidak mau menghampar. Saya kemudian menyampaikan lagi di PU Kabupaten, namun lagi-lagi alasan terlalu jauh, jarak antara alat berat dan tempat untuk menghampar,” katanya.

Pihaknya berharap, jalan tersebut segera diperbaiki sehingga tidak membahayakan pengguna jalan, yang melintasi dua jalur tersebut. (K5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top