BOMBANA

Tumbuhkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan Bombana Gelar Lomba Baca Cerita Rakyat

KOLAKAPOS, Rumbia — Upaya Dinas Perpustakaan Daerah kabupaten Bombana dalam menumbuhkan minat baca bagi anak tidak hanya dengan melakukan kegiatan perpustakaan keliling di beberapa wilayah kecamatan, juga menggelar lomba cerita rakyat tingkat SD dan Madrasah ibtidaiyah di aula Sekolah Kesenian dan Budaya (SKB),Senin (27/5).
Diketahui lomba tersebut menghadirkan sebanyak 26 peserta yang berasal dari perwakilan sekolah se kabupaten Bombana.

Acara yang di buka langsung oleh Kepala Dinas perpustakaan Ahmad Tona dan disaksikan langsung oleh orang tua siswa,guru dan tokoh adat,dirinya mengungkapkan kegiatan ini merupakan media untuk menumbuhkan minat atau gemar anak untuk rajin membaca serta kecintaan terhadap kebudayaan bangsa dengan tujuan dapat melahirkan rasa persatuan dan kesatuan serta jiwa nasionalisme anak.

Pada lomba ini,diharapkan pula dapat membiasakan anak untuk hidup cerdas memiliki mental kreatif dan dapat berkompetisi.
“Pada lomba cerita rakyat ini,anak-anak harus mampu menceritakan tentang budaya daerah lokal,sejarah dan siapa saja yang terlibat dalam cerita rakyat itu,”ujarnya.

Ketua penyelenggara Plt Kabid. Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan Sulfiah S.Ag menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang mana dari kegiatan ini sudah berjalan empat tahun sejak tahun 2015. Hasil dari kegiatan ini lanjutnya, akan di bawa ke provinsi Sultra untuk mengikuti lomba ke tingkat selanjutnya,adapun penilaian pada lomba ini kata Fiah sapaan akrabnya yakni berupa Artikulasi,intonasi,penguasaan panggung dari cerita yang di bawa peserta.

“Anak-anak adalah satu individu yang begitu cepat dapat terkontaminasi dengan hal negatif. Lomba ini juga merupakan salah satu cara antisipasi terhadap anak akan pengaruh hal negatif dan juga lomba ini sebagai ajang si anak mengeksplor jati dirinya untuk hal positif,”tuturnya(K6/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top