KONAWE SELATAN

BPBD Konsel Waspada Daerah Rawan Longsor dan Banjir

Jalan longsor yang terjadi di sesa Anduna.dok/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Konawe Selatan mencatat ada beberapa titik lokasi rawan banjir dan tanah longsor yang menjadi perhatian untuk penangggulangan bencana dampak cuaca.
Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media ini, terdapat empat desa yang terdampak banjir. Di Desa Lamokula, Kecamatan Moramo Utara, ketinggian air mencapai 50 cm hingga 1 meter. Rumah yang terendam ada 27 unit. Kemudian Desa Mekar Jaya, Kecamatan Moramo Utara ketinggian air 40 cm hingga 60 cm dan rumah yang terendam empat unit.
Selanjutnya banjir terjadi di Desa Mondoe, Kecamatan Palangga Selatan, ketinggian air rata-rata 40 cm hingga 60 cm dan ada empat unit rumah yang terendam. Kemudian Desa Waworaha, Kecamatan Palangga Selatan ketinggian air 40 cm hingga 60 cm, rumah yang terendam empat unit.
“Banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi. Anggota siaga di setiap wilayah Konsel, untuk mengantisipasi jangan sampai ada korban jiwa,” ujar Kepala BPBD Konsel, Adiwarsyah Toar.
Ia menambahkan, untuk masalah longsor yang terjadi di wilayah Konsel disebabkan karena intensitas hujan. Sehingga menimbulkan pergerakan pada kontur tanah.
Untuk itu, Ia meminta masyarakat tetap mewaspadai semua potensi cuaca ekstrim yang terjadi kali ini, sehingga segala potensi yang terjadi tidak menimbulkan kerugian besar. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top