BERITA UTAMA

Pengamanan Lebaran, Polres Kolaka Turunkan 122 Personel

Bupati Kolaka Ahmad Safei, Dandim 1412 Kolaka Letkol Kav. Amran Wahid, dan Kapolres Kolaka AKBP Bambang Satriawan saat mengecek salah satu pos pengamanan (Pospam). FOTO: Ist/ Kolaka Pos

Jaga Empat Titik Pospam

KOLAKAPOS, Kolaka — Untuk memberikan keamanan bagi masyarakat saat mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini, Kepolisian Resor (Polres) Kolaka membentuk empat titik pos pengamanan (Pospam) di wilayah hukumnnya. Tiga Pospam terletak di wilayah Kabupaten Kolaka, dan satu lainnya di Kolaka Timur (Koltim).

Kapolres Kolaka, AKBP Bambang Satriawan melalui Kasat Lantas Polres Kolaka AKP Kasman mengatakan, ke empat Pospam tersebut akan dijaga sedikitnya 122 personel kepolisian. Tak hanya itu, pengamanan juga melibatkan aparat TNI Kodim 1412 Kolaka, serta stakelhotel lainnya seperti PMI, Pramuka, Basarnas, dan petugas Dinas Kesehatan, serta Dinas Perhubungan.

“Kita siapkan anggota per Pospam sesuai tingkat kerawanan wilayah, dan dibagi menjadi tiga sift. Empat titik yang kita fokuskan pertama yaitu di Pasar Raya Mekongga, Pelabuhan Ferry, Bandar Udara Sangia Nibandera, serta satu Pospam lainnya di Kelurahan Rate-Rate, Kolaka Timur. Personel yang bertugas akan mengantisipasi rawan copet, jambret, hipnotis, dan kemacetan lalulintas,” ungkap AKP Kasman saat ditemui seusai apel gelar pasukan pengamanan Lebaran di Lapangan 19 November Kolaka, Selasa (28/5).

Pengamanan mudik Lebaran akan berlangsung selama 13 hari, mulai 29 Mei sampai 10 Juni 2019. Kasman berpesan, agar masyarakat yang melakukan mudik memastikan menggunakan kendaraan layak jalan. “Bagi pengendara sepeda motor dan mobil siapkan fisik dengan istirahat yang cukup, gunakan kendaraan yang layak jalan, serta alat pendukung keselamatan. Kemudian saat berkendara selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas, dan tetap konsentrasi dalam berkendara. Jangan lupa untuk berdoa,” pesan mantan Kapolsek Mandonga itu.

Untuk diketahui, Sebelumnya, pada Selasa (28/5) pagi, Polres Kolaka bersama Pemda Kolaka serta stakeholder terkait menggelar apel gelar pasukan di Lapangan 19 November Kolaka, untuk mengecek kesiapan personel dalam menyambut arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1440 Hijryah. Apel gelar pasukan turut dihadiri Bupati Kolaka Ahmad Safei, Dandim 1412 Kolaka Letkol Kav. Amran Wahid, Kapolres Kolaka AKBP Bambang Satriawan, Kadis Perhubungan Kolaka Wardi, dan Koordinator SAR Kolaka, Asep. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top