MUNA BARAT

Pemda Butur Gagas Program Pangan Non Tunai

Rapat koordinasi peralihan bantuan Rastra bertransformasi ke BPNT. FOTO: Aco Armawan/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Buranga — Pemerintah Daerah Buton Utara (Pemda Butur) melalui Dinas Sosial Buton Utara, menggagas program peralihan bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) bertransformasi ke Bantuan Sosial Pangan Non Tunai (BPNT)

Hal itu dilakukan melalui rapat koordinasi yang dibuka langsung oleh Bupati Butur, Abu Hasan di Aula Setda Butur beberapa waktu lalu, dan turut hadir Sekda Butur Muh Yasin, Asisten II Dr. Ir Budianti Kadidaa, Kadis Sosial Muliana, serta instansi dan lembaga teknis terkait.

Dalam sambutanya, Abu Hasan mengatakan, diera sebelum non tunai selalu menimbulkan kegaduhan pengurangan bantun dan tidak tepat sasaran. Dengan hal itu sekarang terbangun mekanisme baru bahwa bantuan tidak lagi tunai.

“Bantuan harus tepat waktu, tepat sasaran, bantuan harus tepat biaya. Sekarang dengan non tunai semuanya betul-betul bersih,” ujarnya.

Olehnya itu, ia menjelaskan melalui rapat koordinasi dapat menyempurnakan semua program-program yang sudah dilakukan, agar tidak terjadi kegaduhan dalam penyaluran bantuan sosial di masyarakat.

“Sekarang kita berada disatu daerah dimana bantuan sosial sedang transisi ke non tunai. Tapi masa transisi itu juga harus dipersiapkan sumber daya manusia dan teknologinya agar bisa berjalan,” tandanya. (k10/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!