Kades Solewatu Programkan Bantuan Bibit Kopi

  • Bagikan

KOLAKAPOS, Titwauta -- Desa Solewatu, kecamatan Tinondo, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), merealisasikan program bibit kopi yang dianggarkan dengan menggunakan dana desa tahun ini. Hal itu dibuktikan dengan penyerahan bibit kopi kepada masyarakat beberapa waktu lalu.

"Saat ini kami fokus membangun berbagai fasilitas sarana dan prasarana, diantaranya membangun drainase dan pengerasan jalan, dan paling utama didahulukan bibit kopi, adapun dalam pembagian bibit kopi 40 pohon perkeluarga terbagi dari lima dusun. Insya Allah tahun depan pembangunan di desa kami akan lebih ditingkatkan," ungkap Kades Solewatu Muh. Arsyad.

Arsyad menambahkan, dengan adanya dana desa sangat membantu dalam mewujudkan pembangunan di desa. Sebab usulan masyarakat dapat langsung diwujudkan pembangunan tanpa harus menunggu. "Dengan adanya dana pusat ini dapat meningkatkan sarana dan prasarana di desa, sehingga perlahan tapi pasti pembangunan di desa dapat terwujud," katanya.

Selain itu, dalam proses pekerjaan dikerjakan secara swakelola tanpa harus dipihak ketigakan, sehingga masyarakat dapat ikut bekerja melalui pemberdayaan masyarakat. "Semua masyarakat kita libatkan dalam hal pembangunan di desa, jadi tak ada lagi masyarakat yang menganggur. Selain itu kualitas bangunan akan terus kita tingkatkan sehingga dapat digunakan secara terus menerus," jelasnya.

Kades juga berharap agar apa yang telah dibangun di desa dapat bermanfaat seperti apa yang diharapkan, sehingga kedepan perekonomian masyarakat desa terus meningkat seperti apa yang diharapkan bersama. Sementara itu, salah satu warga desa Solewatu, Andi mengatakan, program usulan pembangunan merupakan usulan prioritas pembangunan dan infrastruktur menjadi prioritas supaya perekonomian masyarakat lebih sejahtera. (m2/c)

  • Bagikan