BUTON UTARA

16 JCH Butur Siap Diberangkatkan

Kepala Kemenag Butur, Muhammad Saleh

KOLAKAPOS, Burunga — Sebanyak 16 orang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Buton Utara (Butur) direncanakan akan berangkat tanggal 23 Juli 2019 menuju Embarkasi Kota Makassar, Sulsel. Jamaah terdiri dari 12 perempuan dan empat orang laki-laki.

Kepala Kantor Kemenag Butur, Muhammad Saleh, menjelaskan, para jamaah yang tengah bersiap menuju tanah suci tersebut, tersebar di empat kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Kulisusu 10 orang, Kulisusu Utara satu orang, Wakorumba Utara dua orang, dan Kulisusu Barat tiga orang.

Rencananya, jadwal pemberangkatan dari Butur menuju Kendari 23 Juli 2019. Selanjutnya, akan diterima di Embarkasih Makassar pada 24 Juli dan kemudian akan diterbangkan dari Bandara Internasional Hasanuddin menuju Jeddah, Arab Saudi, pada 25 Juli.

Menjelang hari pemberangkatan, baik pihak Kemenag maupun para JCH, kini sudah memantapakan persiapan. Mulai dari penyelesaian administrasi persyaratan, imunisasi, perekaman biometrik, senam kesehatan haji, hingga bimbingan manasik haji, baik tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan. “Dibiasakan untuk banyak berolahraga, banyak bergerak. Karena memang haji ini adalah ibadah fisik, karena itu, latihan-latihan untuk memelihara kesehatan itu penting bagi calon jamaah haji,” kata dia.

Terkait bimbingan manasik, lanjut dia, pelaksanaannya dilakukan sesuai Juknis yang ada. Di mana, pada tingkat kabupaten dilakukan sebanyak dua kali pertemuan, dan untuk tingkat kecamatan, bimbingannya dilaksanakan sebanyak delapan kali pertemuan. “Semua jamaah haji berhak mendapatkan bimbingan manasik haji, sebelum berangkat ke tanah suci sebanyak 10 kali,” tandas Saleh. (k10/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top