METRO KOLAKA

Piala Menpora U-12 Siap Digelar

Ketua Fossbi Sultra, Romi Nomba bersama ketua panitia Liala Menpora U-12 Haswisar Wijaya. FOTO: Neno/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Laga final Piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) U-12 akan segera digelar pada 18 Juli 2018 di stadion Gelora 45 Kolaka. Selaku tuan rumah Kolaka telah melakukan persiapan semaksimal mungkin, agar kegiatan bergengsi tersebut dapat berjalan sukses.

Ketua Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (Fossbi) Sultra, Romi Nomba mengatakan, ajang Piala Menpora U-12 ini merupakan liga berjenjang yang setiap tahun dilaksanakan oleh Menpora untuk mencari bibit muda berbakat. Untuk tahun ini, laga final tingkat provinsi akan digelar di Kabupaten Kolaka. “Jadi laga final U-12 akan diikuti oleh 12 tim SSB dari perwakilan tiga zona se-Sultra, yang berhasil lolos pada laga penyisihan grup yang telah dilaksanakan di masing-masing zona. Jadi yang juara nanti akan mewakili Sultra ke tingkat nasional pada bulan September 2019 mendatang,” ungkapnya saat ditemui awak media ini, Senin (15/7).

Menurut Romi, saat ini kesiapan tuan rumah menyambut laga itu sudah terlihat maksimal. Lapangan yang akan digunakan, dan tim seleksi atau pemandu bakat, serta spanduk baleho yang berlogokan Menpora, sudah disiapkan panitia. “Persiapan sudah seratus persen dan laga final piala Menpora siap kami gelar,” katanya.

Namun sebelum menggelar pertandingan, pihak panitia terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan berkas para pemain. “Ini untuk memastikan apakah semua peserta yang akan bertanding sesuai syarat usianya. Kita akan perketat jadi tidak ada alasan berkasnya tidak lengkap. Kalau kita temukan ada pemain yang tidak sesuai dengan usianya ataupun jika berkasnya tidak lengkap maka kita tidak akan ikutkan untuk bertanding. Karena jika di tingkat nasional akan sangat ketat lagi terkait seleski berkasnya. Makanya sejak di level provinsi kami akan perketat terkait berkas pemain,” tegas.

Sementara itu, ketua panitia Piala Menpora U-12, Haswisar Wijaya mengatakan, ada dua belas tim sekolah sepak bola (SSB) yang siap bertanding pada laga final nanti selama dua hari (18-19 Juli). Ke 12 tim itu merupakan perwakilan rayon yang terbagi atas tiga rayon yang berhasil lolos pada fase zona di wilayahnya masing-masing.
“Jadi 12 tim merupakan tim terbaik di wilayahnya dan akan bertanding ke laga final, jadi yang juara akan mewakili Sultra ke tingkat nasional. Sedangkan untuk tuan rumah Kolaka ada empat tim yang akan bertanding nantinya,” singkatnya.

Untuk diketahui, keduabelas tim yang siap bertanding pada laga final piala Menpora U-12 yakni wilayah zona satu SSB Wolio Bau-bau, SSB Sultra Fa Butur, SSB Batu Poara Wameo, dan SSB Wolio B. Sedangkan untuk wilayah zona dua SSB Barata Ihana, SSB Barazaki,SSB Lamukuni, dan SSB Padangguni. Dan untuk wilayah tiga yakni SSB Watubangga Kreasindo, SSB Tri Elang, SSB Red Land, dan SSB Kopites Liverpool Jr. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top