METRO KOLAKA

Dinas Peternakan Kolaka Evaluasi Kelompok Ternak

KOLAKAPOS, Kolaka — Bantuan pemerintah daerah (Pemda) Kolaka bagi kelompok ternak khususnya bantuan sapi setiap tahun diberikan. Guna untuk mengetahui sejauhmana perkembangan bantuan tersebut, Pemda Kolaka melalui Dinas Peternakan Kolaka menggelar pertemuan evaluasi bersama kelompok peternakan di aula kantor Dinas peternakan Kolaka, Selasa (16/7) lalu.

Kepala dinas peternakan melalui kepala bidang (Kabid) peternakan dan kesehatan hewan (Keswan) Kolaka Ansyar Tambara mengatakan, pemberian bantuan sapi bagi kelompok ternak yang ada di wilayah Kolaka baik melalui bantuan APBN maupun bantuan ABPD Kolaka selalu diberikan setiap tahunnya. Sehingga untuk mengetahui sejauhmana perkembangan bantuan tersebut, pihaknya melakukan pertemuan bagi kelompok ternak untuk melakukan evaluasi hasil ternak tersebut, apakah semakin meningkat atau berkurang.

“Jadi kami setiap tahun selalu melakukan evaluasi, guna mengetahui perkembangan bantuan sapi yang diberikan bagi kelompok peternakan. Kita melakukan evaluasi ini untuk melihat perkembangan dari setiap tahunnya karena pasti akan ada kelahiran disetiap tahunnya, sehingga kita ingin mengetahui berapa yang lahir dan yang mati jadi semua harus tercatat,” ungkapnya saat ditemui media ini.

Dalam evaluasi nanti, setiap kelompok ternak akan melaporkan hasil peternakannya. Kemudian pihak Dinas peternakan akan mengumpulkan hasil laporan para kelompok ternak.

“Nanti setelah kita kumpulkan datanya secara administrasi kemudian kita akan tinjau lapangan secara langsung, apakah sudah sesuai dengan data kelompok atau tidak. Hal ini dilakukan dalam rangka pembinaan, apakah kelompok yang sudah kita bantu layak untuk kita tidak lanjuti terkait pemberian bantuan kedepannya atau kita sudah blacklist atau kita coret, karena gagal dalam mengembangkan bantuan sapi,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini Dinas peternakan fokus pada kegiatan pengembangan ternak sapi potong bersama kelompok ternak, hal ini dilakukan karena Kolaka merupakan salah satu daerah di Sultra ternak sapi potong terbesar yang setiap harinya selalu memasok daging sapi disejumlah daerah termaksuk daerah di luar Sultra.

“Kolaka merupakan pusat pengembangan sapi potong, sehingga Kolaka bisa mendrop stok hampir setiap hari daging keluar daerah seperti di Sulsel. Sehingga kami terus fokus pada pengembangan ternak sapi potong,” katanya.

Sehingga, kata Ansyar, tahun ini pemerintah akan kembali memberikan bantuan sapi bagi kelompok ternak agar target dalam mengembangkan sapi potong terus berkembang setiap tahunnya.

“Tahun ini melalui dana APBN dan ABPD akan ada bantuan sapi bagi kelompok ternak, hanya saja kita belum tahu berapa kelompok yang akan dapat karena masih dilakukan verifikasi,” tutupnya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top