BERITA UTAMA

Perda Perlindungan Guru Butuh Penyempurnaan

Rapat gabungan Komisi-Komisi terkait 11 Raperda usulan Pemda dan DPRD

KOLAKAPOS, Kolaka — Seperti yang diwacanakan sebelumnya, Raperda Perlindungan Profesi Guru diusulkan untuk ditunda. Raperda tersebut dianggap mentah, sehingga perlu penyempurnaan.

Dalam Rapat Gabungan Komisi-Komisi yang di gelar di aula DPRD Kolaka (17/7), Ketua Komisi III, Hasbi Mustafa mengatakan penundaan tersebut telah melalui kajian. Kajian itu dilakukan bersama beberapa pihak terkait seperti perwakilan guru dari organisasi PGRI, Dewan Pendidikan dan leading sektor lainnya.

“Pada dasarnya semua pihak sangat mengapresiasi raperda ini, namun melihat isi dari 11 bab (dalam raperda) dan banyaknya persoalan yang kompleks mengenai profesi guru, maka perlu melibatkan semua komponen agar masalah pendidikan dapat terakomodir. Dan untuk memperkaya hasanah Perda tersebut perlu pengkajian ulang lagi, sehingga direkomendasikan untuk ditunda sementara waktu berdasarkan kesimpulan dari kesepakatan Rapat di Komisi III,” papar Hasbi Mustafa dalam laporannya.

Usai pemaparan, Hasbi juga menegaskan bahwa penundaan tersebut bukan berarti dibatalkan, melainkan penundaan sementara waktu. “Tidak dibatalkan, ditunda sementara waktu, masih ada waktu kita bisa sahkan setelah disempurnakan dan dikaji ulang, bisa disahkan bersamaan dengan APBD Perubahan nanti,” ujarnya.

Sementara untuk raperda lainnya, Ketua Komisi II, Dr. H. Bakri Mendong dalam laporan komisinya secara umum menyampaikan bahwa raperda yang diusul sudah dilakukan pendalaman dan ada beberapa masukan dan saran yang diterima untuk perbaikan. Dia juga melaporkan perlu ada singkornisasi dengan Konsep SKPD Dinas pariwisata terkhusus untuk Raperda tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah.

“Direkomendasikan dari dinas pariwisata dan bagian hukum agar Raperda tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah disingkronkan dengan konsep dinas pariwisata dan penyesuasian dengan aturan lainnya,” paparnya. (mir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top