BOMBANA

11 KUBE di Bombana Keciprat Bantuan

KOLAKAPOS, Rumbia — Sebanyak 11 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di kabupaten Bombana, mendapat bantuan yang diserahkan langsung bupati Bombana H. Tafdil usai upacara peringatan hari kesadaran nasional, Rabu (17/7) lalu.

Kelompok tersebut yakni KUBE Melati kelurahan Lampopala, Angrek kelurahan Lameroro, Tiga Putra kelurahan Lantawonua, Wakata Desa Lampata, Tumbu Ntonia Desa Poea, Tandu-tandu Desa Poea, Mekalolaro Desa Taubonto, Tunas Muda Desa Lakomea, Mande Desa Watuwatu Maju bersama Desa Lantari dan Mandiri Desa Lantari.

Diketahui penyerahan bantuan tersebut dalam bentuk buku rekening, dengan jumlah nominal masing-masing kelompok sebesar Rp20 juta.

Disela waktunya, bupati dua periode itu menyampaikan pemberian bantuan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan percepatan pembangunan ekonomi kerakyatan, sebagai mana tercantum dalam visi misi daerah.

“Di Bombana ini banyak masyarakat kurang mampu namun memiliki usaha seperti peternakan, budidaya ikan dan usaha batu merah, namun dalam mengembangkan usaha modal menjadi faktor pendukung jadi kehadiran pemerintah sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, kepala Dinas Sosial Andi Muhammad Arsyad menuturkan, bantuan yang diberikan ini sudah melalui hasil verifikasi kelayakan yang dilakukan oleh pihaknya beberapa waktu lalu dan hasilnya ada 50 kelompok di 22 kecamatan.

Ia menambahkan, dana bantuan tersebut akan digunakan untuk usaha ekonomi produktif di masing-masing kelompok. “Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, agar usaha mereka lebih berkembang,” ungkapnya.

Selain Bansos KUBE, mantan Camat Poleang itu juga menyampaikan bahwa pihaknya juga menyerahkan bantuan santunan kematian secara simbolis di tiga desa/kelurahan yaitu Desa Rarowatu, Desa Lampata dan Lantawonua, melalui buku rekening masing-masing keluarga korban sebesar Rp3 juta perjiwa. Jumlah penerima santunan kematian sebanyak delapan jiwa yang terdaftar di dalam KK miskin Dinas Sosial Kabupaten Bombana. (k6/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top