BERITA UTAMA

Azhari: Alumni USN Harus jadi Pionir

Prosesi Wisuda VII Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, di salah satu hotel di Kolaka, Kamis (18/7). FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

USN Gelar Wisuda VII

KOLAKAPOS, Kolaka — Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Azhari menekankan agar alumni USN harus mampu menjadi pionir pembangunan di masa kini atau masa mendatang, dengan mampu menciptakan lapangan kerja baru. Modal ilmu pengetahuan yang didapatkan selama mengenyam pendidikan di bangku kuliah seyogyanya bisa membuat alumni untuk berfikir dan bertindak kreatif dalam menciptakan lapangan kerja baru.

“Setelah menyelesaikan pendidikan, selanjutnya jangan hanya berpikiran untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau karyawan sebuah perusahaan. Tetapi, alumni USN Kolaka harus berpikir agar mampu menciptakan lapangan kerja baru. Mulai lah dari awal, jangan berhenti berpikir untuk memulai sesuatu. Pegawai juga bagus, tapi bukan itu yang terbaik,” kata Azhari, saat menyampaikan pesan-pesan kepada wisudawan dan wisudawati USN di hotel
Sutan Raja Kolaka, Rabu (18/7).

Selain itu, Azhari juga berpesan agar para alumni jangan terlena dengan kesuksesan akademiknya. Sebab tidak selamanya kesuksesan akademik berbanding lurus dengan saat berada di dunia kerja. Bahkan, kata dia, banyak mahasiswa yang lulus cumlaude, tapi tidak sukses dalam pekerjaan.
“Ananda sekalian jangan pernah pesimis untuk memulai sesuatu usaha. Memang awalnya akan sulit untuk dijalani, tapi rezeki itu sudah diatur oleh Allah SWT,” tambahnya.

Dalam wisuda yang digelar, Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Patdono Suwignjo hadir memyampaikan orasi ilmiah. Dalam orasinya ia mengatakan, saat ini Kemenristekdikti juga berupaya mendorong para alumni lulusan perguruan tinggi untuk berwirausaha yang sukses. “Karena pengusaha itu bukan hanya baik untuk pribadinya, tapi juga bagi orang lain,” ujarnya.

Menurutnya, setelah diwisuda bukan berarti menjadikan alumni berhenti belajar dan hanya berdiam diri di dalam rumah. Namun mesti lebih aktif lagi mengupgrade ilmu untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin kompetitif. “Sebaiknya melakukan hal yang produktif, sehingga ilmunya bisa bermanfaat,” katanya.

Untuk diketahui, pada Wisuda VII USN Kolaka turut sejumlah tamu undangan, di antaranya Dandim 1412 Kolaka, Letkol Kav Amran Wahid, dan Ketua Komisi I DPRD Kolaka, Bakri Mendong. Wisuda gelombang pertama tahun ini diikuti sebanyak 365 orang. Adapun tiga wisudawan terbaik masing-masing, Nur Ifa Rahmayanti dari Prodi Peternakan dengan IPK 4,0, Doni Markus Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,96, serta Riko Andreas Malau Prodi Agribisnis yang memiliki IPK 3,88. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top