KOLAKA UTARA

Pemdes Harus Kreatif Kelola Dana Desa

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Lasusua —Banyaknya Dana Desa yang digelontorakn Pemerintah setiap tahunnya harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan perekonomian desa.

Salah satu yang dilaksanakan di Kolut yakni menggelar bursa inovasi desa. Bursa Inovasi Desa dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa sekaligus mencari inspirasi atau altenatif kegiatan pembangunan desa.

Wakil Bupati Kolaka Utara H.Abbas menjelaskan Bursa Inovasi Desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan secara berkualitas. “Diharapkan bursa inovasi desa ini mempercepat pembangunan dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga perlu dilakukan pelatihan para peserta agat tidak salah dalam melakukan kegiatan di desa,” tuturnya.

Dijelaskan bursa inovasi digelar di Kecamatan agar diperoleh berbagai masukan atau inovasi mulai dari sektor pariwisata hingga kuliner. Diapun berharap program inovasi desa bisa seiring dan sejalan dengan Visi Misi Bupati saat ini.

“Revitalisasi Kakao juga adalah sebuah inovasi, karena berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Inovasi bukan hal-hal yang unik ataupun langka, kegiatan-kegiatan di desa yang menggunakan dana desa semua berhubungan dengan inovasi baik sektor perkebunan, pertanian dan perikanan,” jelasnya. (cr2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top