METRO KOLAKA

Dispora Harap PT Antam Dukung Pengembangan Sepakbola

KOLAKAPOS, Kolaka — Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kolaka, Hasbir Jaya Razak mengungkapkan, saat ini di wilayah Bumi Mekongga Kolaka memiliki banyak bibit pesepakbola usia muda yang mumpuni. Hanya saja, pembinaan yang dilakukan oleh sekolah sepakbola, untuk mengembangkan potensi itu belum maksimal. Keterbatasan dana adalah masalah utamanya. Sehingga, banyak talenta muda yang ingin mengembangkan bakatnya terpaksa mencari peruntungan di daerah lain.

Karena kendala itu, Hasbir pun berharap ada dukungan dari pihak-pihak yang bisa menjadi donatur dana pembinaan. Salah satu yang diharapkan adalah perusahaan pertambangan yang saat ini beroperasi di Bumi Mekongga, yakni PT Aneka Tambang (Antam).

“Potensi yang dimiliki anak-anak kita cukup baik dibidang sepak bola, sehingga kita harapkan PT Antam bisa menjadi orang tua angkat bagi kemajuan sepakbola khususnya di daerah kita ini,” kata Hasbir saat membuka Liga Piala Menpora U-12 di stadion Gelora 45, Kamis (18/7).

Menurut Hasbir, jika PT Antam siap jadi orang tua angkat di bidang pembinaan pesepakbola muda, diyakini olahraga sepakbola di Kolaka akan lebih hidup dan berkembang. Dengan demikian pula, potensi lahirnya pemain-pemain muda berbakat dan bisa bersaing di kancah nasional akan terbuka lebar. Sebab jika kita melihat didaerah lain perusahaan BUMN ikut ambil andil dalam menghidupkan dunia sepakbola didaerah tempat perusahaan itu beroperasi.

“Kita bisa liat perusahaan yang ikut membesarkan sepakbola ditanah air seperti pupuk Kaltim, Sriwijaya, Tonasa, dan masih banyak lagi perusahaan yang membuat suatu klub yang sampai hari ini terus aktif di kancah nasional. Seperti itulah yang kita harapkan PT Antam bisa menjadi orang tua angkat dibidang sepakbola kita,” imbuhnya.

Ketua Forum Sekolah Sepakbola Indonesia Sulawesi Tenggara (Fossbi Sultra), Romi Nomba, mengatakan turnamen Liga Menpora U-12 diikuti oleh 12 tim se-Sultra, dari tiga zona yang berhasil lolos pada fase kualifikasi di zona masing-masing. “Piala Menpora U-12 ini merupakan liga berjenjang, jadi tim yang berhasil juara akan mendapatkan satu tiket untuk mewakili Sultra ke tingkat nasional pada bulan September mendatang,” singkatnya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top