METRO KOLAKA

Kecamatan Baula Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan BID

KOLAKAPOS, Kolaka — Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Kolaka tahun ini resmi digelar, Sabtu (20/7). BID pada cluster III ini dipusatkan di Kecamatan Baula.
Kegiatan BID yang dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kolaka, Muh Bakri mewaikili bupati Kolaka, diikuti pemerintah desa dari tiga kecamatan, yaitu Wundulako, Baula, dan Pomalaa.

Dalam sambutannya, Muh Bakri menyampaikan bahwa, pelaksanaan program inovasi desa, merupakan wujud komitmen pemerintah dalam pemanfaatan dana desa untuk pembangunan di desa. ”Bursa Inovasi Desa merupakan pemeran konsep usulan kegiatan yang dianggap sudah berhasil menggerakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

Bakri mengharapkan dengan dilaksankannya BID dapat menguatkan komitmen masyarakat, pemerintah dan pelaku teknis lainnya. “Kita harapankan melalui kegiatan BID ini, ada inovasi baru yang dibuat oleh desa yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat desa tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendataan dan Pengembangan Iformasi Pembangunan Desa dan Kelurahan Dinas Pemdes Sultra, St. Aisah Nur, mengatakan tujuan dilaksanakannya BID yakni untuk menggali potensi desa, agar bisa dijadikan sumber pendapatan desa dan bisa mensejahterakan masyarakatnya.

“Desa bisa menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat desa. Memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa. Menjaring komitmen pemerintah desa untuk mengadopsi atau mereplikasi inisiatif atau inovasi yang dipelajari dalam bursa,” ujarnya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top