BERITA UTAMA

Polres Kolaka Terjunkan Tim Cegah Perambahan Bakau

Kapolres Kolaka AKBP Bambang Satriawan

KOLAKAPOS, Kolaka — Perambahan hutan bakau di areal desa Liku, kecamatan Samaturu, Kolaka disinyalir semakin mengkhawatirkan. Polres Kolaka akan menghentikan aksi tersebut dengan menerjunkan satu tim khusus. Kapolres Kolaka AKBP Bambang Satriawan menyebut hal itu untuk melakukan pencegahan terhadap perambahan hutan bakau.

Perambahan hutan bakau dilaporkan oleh warga ke polres Kolaka. Sebagai tindak lanjutnya, Kapolres mengaku akan menurunkan tim. “Tentunya apa yang menjadi keluhan masyarakat kita akan tindak lanjuti. Kemarin memang ada informasi ada beberapa masyarakat yang akan mengambil sumber daya alam disana seperti kayu-kayu. Sehingga kita akan turunkan tim untuk melihat langsung apakah benar informasi yang disampaikan sesuai informasi yang diberikan. Tentunya kami tidak akan ada tebang pilih dalam kasus ini, jika memang dia melanggar kita akan proses sesuai hukum yang berlaku,” tegas Kapolres.

Selain itu, Polres Kolaka juga akan berkoordinasi dengan Pemprov Sultra, agar kasus perambahan hutan bisa segera dituntaskan. “Sebagai langkah preventifnya kami juga akan melakukan koordinasi dengan pihak Pemda karena ini juga ada keterkaitan dengan dinas terkait khususnya dinas Kehutanan yang memiliki kewenangan disana agar tidak terulang lagi,” jelasnya.

AKBP Bambang Satriawan juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mengambil peran dalam melindungi keberlanjutan hutan. Diantaranya dengan tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum. “Saya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah mengambil suatu tindakan yang melanggar hukum. Agar tidak merusak hutan kita karena fungsi hutan sangat banyak termasuk bagi kelangsungan hidup anak cucu kita kedepannya,” tandasnya. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top