BERITA UTAMA

Jayadin atau Orang Baru

Hari Ini Pemilihan Ketua KONI Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka — Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) II Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kolaka, Sulawesi Tenggara digelar hari ini (24/7), di salah satu hotel di Kolaka. Salah satu agenda penting Musorkab yaitu pemilihan ketua KONI periode 2019-2023. Selain wakil bupati Kolaka, Muhammad Jayadin yang dipastikan maju kembali, empat nama lainnya juga disebut siap mencalonkan diri. Empat nama tersebut yaitu, Akring Johar, Samsul Rijal, Haerul Saleh, dan Asdar Pamma.

Ketua Panitia Musorkab, Muh. Azikin mengatakan, meski belum menyetorkan berkas pencalonan ke empat nama tersebut telah mencuat jelang pemilihan ketua KONI Kolaka. “Beberapa calon itu baru sebatas menyampaikan secara lisan, tetapi itu akan dibuktikan nanti apabila telah mendaftar secara resmi pada Musorkab besok (hari ini, red),” ungkap Azikin, kemarin (23/7).

Ia menjelaskan, dalam persaingan kursi ketua KONI Kolaka periode 2019-2023 ini, para calon akan memperebutkan 34 suara. “Pemilik suara berasal dari 32 ketua atau pengurus cabor di Kabupaten Kolaka, dan dua suara dari pengurus KONI Sultra dan KONI Kolaka,” terangnya.

Dijelaskannya pula, persyaratan mutlak bagi calon ketua, yaitu berstatus pengurus cabang olahraga tertentu. Selain itu harus memiiki visi misi membangun dan mengembangkan olahraga di Kabupaten Kolaka. “Tata tertib pemilihannya akan dibahas diforum. Setelah ada kesepakatan kemudian dilanjutkan pemilihan organisasi komite, mereka itu nantinya yang akan membahas persyaratan calon dan sebagainya. Yang jelas aturannya kita sudah masukan, tinggal dilempar ke forum, siapa tahu ada usulan dari peserta,” katanya.

Namun, sebelum mengadakan pemilihan calon ketua KONI yang baru, panitia Musorkab terlebih dahulu mengagendakan pembacaan laporan pertanggungjawaban kepengurusan KONI periode sebelumnya. “Kalau laporan sudah disahkan kemudian sidang baru dilanjutkan ke agenda pemilihan. Rencananya bapak bupati (Ahmad Safei) yang akan membuka secara resmi,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu calon yang digadang-gadang maju Asdar Pamma, mengatakan siap maju menjadi calon ketua KONI periode 2019-2023. Menurut ketua cabor Kempo Kolaka ini, dia sudah menyiapkan visi misi yang bakal menarik simpatik para pemiliki suara untuk memilihnya. “Kalau saya mendapat dukungan dari teman-teman, terutama dari ketua-ketua cabor kenapa tidak. Insya Allah saya maju,” tegas Asdar Pamma.

Namun demikian, Asdar mengaku nama-nama calon rivalnya tidak bisa dipandang enteng. Terlebih ketua KONI incumbent Jayadin yang diangap sukses memimpin KONI Kolaka selama empat tahun terakhir ini. “Sebenarnya dalam pemilihan ketua KONI ini tidak ada yang saya anggap lawan, karena ini konsepnya adalah kebersamaan kita untuk membangun olahraga di Kabupaten Kolaka ini. Olahraga itukan prinsipnya sportivitas, kebersamaan, jadi saya tidak melihat calon lain sebagai lawan. Karena lawan dalam olahraga itu tidak seperti bagaimana orang tafsirkan lawan dalam ilmu politik,” pungkasnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top