BERITA UTAMA

Penetapan Caleg Terpilih Kolaka Masih Menunggu Putusan MK

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Kolaka — Meski Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah usai, namun putusan penetapan calon terpilih yang akan mengisi parlemen Kolaka untuk masa bakti 2019-2024 belum ada kepastian. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka, Kamal Baddu yang dikonfirmasi kemarin (24/7), terkait penetapan tersebut menyatakan pihaknya belum melakukan penetapan karena masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK), terkait gugatan Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) yang dilayangkan oleh beberapa partai.

“Belum, masih menunggu hasil putusan Mahkamah Konstitusi, belum ada memang penetapan,” ujarnya.
Dikonfirmasi terkait sudah keluarnya putusan PHP partai PKB dan Golkar oleh MK beberapa waktu lalu, Kamal Baddu menyatakan masih ada satu partai lagi dan juga putusan belum ada putusan finalnya. “Iya Golkar dissmisal, tapi Partai Berkarya gugatannya seluruh provinsi belum ada, justru ini yang kita tunggu, terus Golkar walupun dissmisal tapi kita tunggu juga putusan akhirnya yang jadwalnya bulan depan,” jelasnya.

Lanjutnya, selain menunggu putusan MK, KPU Kolaka juga masih menunggu surat edaran dari KPU Provinsi Sulawesi Tenggara dan KPU RI. “Jadi masih menunggu putusan MK, sekaligus kita juga menunggu surat edaran KPU Provinsi dan KPU RI,” terangnya.

KPU Kolaka juga menyatakan penetapan dan sekaligus pelantikan anggota DPRD Kolaka terpilih, untuk masa bakti 2019-2024 tidak akan melewati masa akhir jabatan anggota DPRD hasil pemilu 2014.

Untuk diketahui Dari hasil pleno KPUD Kolaka beberapa waktu lalu, berikut nama-nama calon anggota legislatif yang diprediksi ditetapkan menjadi anggota DPRD Kolaka periode 2019-2024. Saenal Amrin (Gerindra), H. Zainuddin Boni (Nasdem), Hj. Idiawati (PPP), Hj. Fairin Amrinah Sirang (Golkar), Muh. Ajib Madjid (PAN), Syuri Rahayu Pasambuna (PDIP), Syafaruddin Sunu (Perindo), Musdalim Zakkir (Gerindra), Tri Setiawan (Nasdem), dr. Hakim Nur Mampa (PAN), Hj. Suwarsih Aras (Hanura), Ramadan Husain (Demokrat), Ir. Akhdan (PPP), Firlan Muharram Alimsyah (PKS), Yunus Patandianan (PDIP), Yunus Parorrongan Jama (Nasdem), Kaharuddin (Gerindra), H. Umar Tebu (Golkar), H. Mustafa (Golkar), I Ketut Arjana (PDIP), A. Arna Iffah (PAN), Agusalim Tahir (Perindo), Nasruddin Gombi (Demokrat), Abd. Rauf (Gerindra), Dr. Asmani Arif (PKS), Husmaluddin (PAN), Muh. Gassing HS. (PKS), Syaifullah Halik (Gerindra), Syarifuddin Baso Rantegau (PDIP) dan Al Mukhtaram (Golkar). Dan sesuai jadwal pelantikan anggota DPRD Kolaka periode 2014-2019 masa jabatannya akan berakhir pada 27 Oktober. (mir/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top