MUNA BARAT

Bupati Butur Serahkan Bibit Unggul Rumput Laut Kepada Petani

Penyerahan bibit unggul rumput laut kepada perwakilan kelompok petani rumput laut Kulisusu. FOTO: Aco Darmawan/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Buranga — Bupati Buton Utara Abu Hasan menyerahkan secara simbolis bibit unggul rumput laut, kepada 18 perwakilan kelompok petani rumput laut Kulisusu, di pelataran Dinas Perikanan Buton Utara, Minggu (28/7) sore.

Kegiatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Perikanan Butur beserta jajarannya, Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UHO Prof. Dr. Ir. La Ode Muh. Aslan, Dr. Ir. Anas Nikoyan, staf ahli bupati Butur Abdul Jabir Uksim dan Musyida Arifin, serta masyarakat.

Penyerahan bibit rumput laut itu hasil kultur jaringan dari kebun bibit pada kelompok pembudidaya, yang dikembangkan melalui kerjasama pemerintah daerah Buton Utara dan Universitas Halu Oleo Kendari.

Dalam kesempatan itu, Bupati Butur Abu Hasan mengatakan, penyerahan bibit rumput laut adalah merupakan salah satu jawaban petani rumput laut yang selama ini dikeluhkan, baik saat berkunjung di Langere maupun di tempat masyarakat yang ada di teluk Kulisusu.

“Ini jawaban terkait bibit yang selama ini dikeluhkan petani rumput laut. Ini fakta bahwa kita sungguh-sunguh meningkatkan produkfitas rumput laut, dalam rangka menunjang kesejahteraan petani rumput laut yang ada di Buton Utara. Jumlahnya 475 orang, ada 18 kelompok,” kata Abu Hasan dalam sambutanya.

Ketua PDIP Sultra ini menjelaskan, pengembangan bibit unggul itu melalui uji coba komunikasi dengan Universitas Halu Oleo Kendari, baik secara kelembagaan maupun secara personal dan hasilnya sangat spektakuler.

“Terpenting, bibit unggul diberikan cuma-cuma kepada petani rumput laut. Berlahan tapi pasti kita jawab, dan jawabannya sangat luar biasa. Kita akan berikan kepada petani bertahap dan Insya Allah kita beri bantuan tali,” ungkapnya. (k10/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top