BERITA UTAMA

Enam JCH Kolaka Gunakan Kursi Roda Dapat Pengawalan Khusus

Salah satu dari enam JCH Kolaka yang menggunakan kursi roda saat menunaikan ibadah haji. FOTO: Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Musim haji 1440 Hijriah tahun 2019 Masehi sudah mulai. Puluhan juta umat muslim diseluruh dunia akan menunaikan rukun Islam yang kelima di kota suci Mekkah, selama hampir dua bulan lamanya. Khusus Jamaah Calon Haji (JCH) asal kabupaten Kolaka yang berjumlah 486 orang, yang masuk dalam kloter 28 dan 30 embarkasi Makassar sudah diberangkatkan dan telah tiba di kota Mekkah pada pekan kemarin.

Tercatat ada 6 JCH Kolaka yang dalam melaksanakan ibadah haji tahun ini akan menggunakan kursi roda, sebab keenam JCH tersebut ada yang mengalami sakit dan juga karena faktor usia.
Kabag Kesra Pemda Kolaka Kolaka Hj. Andi Wahida mengatakan, semua JCH asal Kolaka telah diberangkatkan dari asrama haji Sudiang Embarkasi Makassar, menuju Jeddah Arab Saudi dalam kondisi yang sehat dan siap mengikuti ibadah haji.

“Alhamdulilah semua jamaah calon haji kita yang berjumlah 486 orang telah diberangkatkan dalam keadaan sehat. Untuk kloter 28 telah tiba di kota Mekkah pada sabtu (27/7) sedangkan untuk kloter 30 telah diberangkatkan hari ini Minggu (28/7) dan akan tibah ke tanah suci pada Senin (29/7),” ungkapnya saat ditemui media ini, Minggu (28/7).

Hanya saja kata Andi Wahida, dari 486 jamaah ada enam jamaah yang menggunakan kursi roda, dikarenakan keenam jamaah tersebut ada dua orang jamaah yang kesehatannya terganggu karena lumpuh dan keempatnya lagi karena faktor usia, namaun mereka masih bisa melaksanakan ibadah haji.

“Ada enam jamaah yang menggunakan kursi roda, tapi Insya Allah mereka masih bisa melaksanakan ibadah haji nantinya, karena setelah mereka diperiksa oleh dokter di embarkasi Makassar, dianggap masih bisa untuk ikut menunaikan ibadah haji,” jelasnya.

Selain itu, Andi Wahida juga mengaku jika keenam JCH tersebut akan terus dikawal dan diberikan pelayanan khusus oleh pihak panitia, sehingga mereka nantinya bisa melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya tanpa ada kendala apapun.

“Mereka akan selalu dikawal oleh tenaga medis disana,” akuhnya.

Ia berharap, agar semua JCH Kolaka bisa kembali ke tanah air dengan jumlah yang sama, serta para jamaah juga bisa selalu mendoakan daerah Kolaka, agar selalu mendapatkan hidayah dan barokah dari sang pencipta.

“Kita harapkan semoga semua jamaah bisa kembali ke tanah air dengan jumlah yang sama pada saat pemberangkatan dan semua bisa menjadi haji yang mabrur,” harapnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top