BERITA UTAMA

Kontribusi Pemasangan Reklame di Muna Nihil

Dinilai tidak punya kontribusi untuk PAD Muna, pemasangan iklan atau reklame, banner dan baliho di jalanan akan ditertibkan.. FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

Pemda Bakal Keluarkan Perbup Tertibkan Reklame Liar

 

KOLAKAPOS, Raha — Pemerintah daerah (Pemda) Muna akan melakukan kajian untuk mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penyelenggaraan iklan atau reklame. Hal tersebut seiring dengan maraknya pemasangan reklame, banner dan baliho di sejumlah ruang publik di dalam kota, yang disinyalir tidak bagus dari sisi estetika serta dapat membahayakan pengguna jalan.

Kepala Badan Pendapatan Muna, Ari Asis mengungkapkan, sejauh ini pemasangan reklame, banner dan baliho di dalam kota belum mempunyai kontribusi terhadap daerah, khususnya untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Terkait maraknya pemasangan reklame dan baliho disejumlah titik jelang Pilkada itu tanpa sepegetahuan kita. Jadi siapa yang pasang? Siapa yang pungut uangnya? Kita tidak tahu,” ucapnya saat dikonfirmasi via telepon seluler, Minggu (28/7).

Menurutnya, untuk menertibkan reklame, banner dan baliho tersebut, pihaknya akan melakukan kajian terlebih dahulu soal aturan yang mengikat. Apalagi tegas mantan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah ini, melihat banyak tiang-tiang reklame dipasang di tempat-tempat strategis, namun tanpa izin dari Pemda Muna.

“Memang ada beberapa tiang reklame milik pihak ketiga atau swasta yang dipasang entah lewat izin siapa? Itu dipasang sejak dulu. Nah inilah yang akan kita tertibkan. Apalagi kontribusinya tidak masuk ke PAD, tapi masuknya ke kantong pribadi (swasta, red). Insya Allah besok pagi (hari ini, red), masalah ini akan kita kaji termasuk merevisi Perbup yang ada. Tujuannya untuk mengatur ukuran reklame, baliho dan titik-titik pemasangan dan besaran pembayarannya,” pungkasnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top