METRO KOLAKA

TP-PKK Gelar Lomba 10 Program Pokok

Wakil Ketua III TP-PKK Kabupaten Kolaka Hj Andi Wahida, S. Pd, MM saat memberikan hadiah kepada peserta lomba yang berhasil juara. FOTO : Neno/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kolaka menggelar lomba penyuluhan 10 program PKK se- Kabupaten Kolaka yang pusatkan dikantor TP-PKK Kolaka. Lomba yang diikuti 12 TP-PKK kecamatan se-Kabupaten Kolaka ini dilaksanakan selama dua hari, 6-7 Agustus 2019.

Wakil Ketua III TP-PKK Kolaka, Hj Andi Wahida mengatakan, lomba ini merupakan kegiatan rutin yang gelar TP-PKK setiap tahun selalu. Lomba bertujuan untuk meningkatkan kualitas para kader PKK di tingkat desa dan kelurahan, dan tingkat kecamatan. Dimana setiap kecamatan mengutus lima orang anggotanya untuk tampil memaparkan sepuluh program PKK.

“TP PKK yang telah semaksimal mungkin melaksanakan lomba ini. Dimana ini murupakan lomba yang insya allah setiap tahun akan kita laksanakan. Oleh karena itu semua Tim penggerak PKK untuk senantiasa membina TP PKK desa dan kelurahannya agar kader-kader PKK yang ada didesa dan kelurahan pro aktif dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan TP PKK dalam mewujudkan 10 program PKK. Dan ini merupakan tantangan bagi kita semua karena dalam masa sekarang ini yang mana bahwa kita sedang mengalami krisis SDM untuk menjadi kader PKK,” ungkapnya saat ditemui media ini, Rabu (7/8).

Diharapkan agar semua kader PKK terus proaktif dalam memajukan 10 program PKK. Karena fungsi kader sangat penting untuk memberikan penyuluhan di masyarakat. 10 program PKK terdiri dari empat pokok kerja (Pokja) yang masing-masing memiliki kader itulah yang akan membangkitkan kegitan-kegiatan yang ada di desa dan kelurahan. “Saya sangat mengharapkan untuk selalu proaktif, mari aktifkan kembali naluri dari setiap kader yang ada. Mari kembali kita majukan desa dan kelurahan kita,” pintanya.

Selain itu, Andi Wahidah juga meminta kepada para ketua TP-PKK yang ada di desa dan kelurahan, untuk menyampaikan kepada kepala desa atau lurah agar selalu proaktif mendukung setiap kegiatan PKK. “Kades dan lurah bertanggungjawab atas TP PKK, sebab maju mundurnya TP PKK juga andil dari kades dan lurah. Apalagi desa dan lurah sudah difasilitasi berbagi fasilitas termasuk keuangan sehingga berikan perhatian bagi TP PPK. Ketua TP-PKK jika ada kegiatan perencanaan didesa harus diikuti termaksud Musrembang yang setiap tahun dilaksanakan, jagan kita tutup mata dimusrembang dibahas terkait letak program PPK, apakah kader itu akan diberikan insentif sehingga bisa dibahas agar ada perhatian. Karena harus ada perencanaan maka mintalah agar dapat diberikan insentif kepada para Kader. Sebab SDM untuk kader PKK sudah berkurang karena tidak adanya insentif bagi kader. sehingga ini yang harus menjadi perhatian kita bersama,” tutupnya.

Untuk diketahui dalam lomba penyuluhan sepuluh program PKK yang berhasil juara satu akan mewakili Kolaka ke tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Muna pada 19 Agustus mendatang. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top