METRO KOLAKA

794 Hewan Qurban Umat Muslim Kolaka 

Bupati Kolaka H Ahmad Safei, SH, MH saat menyerahkan hewan Qurban secara simbolis kepada Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kolaka (Ist)

KOLAKAPOS, Kolaka — Momentum hari raya Idul Adha 1440 Hijriah tahun ini, merupakan hari besar umat muslim diseluruh penjuru dunia. Dalam momen yang dikenal sebagai lebaran haji atau idul Qurban ini, umat muslim yang mampu dan beriman melakukan penyembelihan hewan ternak seperti sapi dan kambing.

Khusus untuk wilayah Kolaka jumlah hewan qurban tahun ini mencapai 794 ekor yang terdiri dari  721 ekor sapi dan 73 ekor kambing yang berasal dari seluruh wilayah dikabupaten Kolaka.

Diketahui bupati Kolaka H Ahmad Safei tahun ini memberikan hewan qurbannya secara pribadi sebanyak 5 ekor, sedangkan wakil bupati (Wabup) Kolaka H Muh Jayadin berqurban 1 ekor sapi.

Pada saat pelaksanaan shalat idul adha yang jatuh pada hari Minggu (11/8) Bupati Kolaka H Ahmad Safei bersama  ribuan umat muslim dikota Kolaka melaksanakan shalat Idul Adha 1440 H  diMasjid Agung Hairah Ummah Kolaka  dimana yang bertindak sebagai imam shalat ID ustad Luikman Siraji. Lc, sedangkan yang menjadi Khatib DR. H Muh. Yahya Obaid selaku ketua Majelis Ulama kota Kendari dengan judul Hutbahnya ” Memaknai Idul Qurban Sebagai Landasan Pembangunan yang Berkemajuan dan Berkeadaban “.

Sementara dalam sambutannya bupati Kolaka mengharapkan, masyarakat Kolaka agar mendoakan jamaah haji kabupaten Kolaka yang saat ini sementra melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar dan bisa kembali ketanah suci dengan selamat.

“Kita harapkan jumlah jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini berjumlah 486 orang  kembali  utuh  ke tanag air  dengan predikat haji Mabrur,” harapnya.

Untuk diketahui, dalam shlat ID yang dilaksanakan dimasjid Khaera Ummah tampak hadir bersama Bupati Kolaka yakni para Forkopimda, mantan Bupati Kolaka Utara  H Rusda Mahmud, Mantan Pj Bupati Kolaka Drs H Alinur, dan jajaran OPD lingkup Pemda Kolaka. Selain itu, usai melaksanakan shalat ID bupati langsung menyerahkan lima hewan Qurban secara simbolis kepada Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kolaka yang disebar dibeberapa tempat diwilayah Kolaka. (K9).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top