KONAWE SELATAN

Pemda Konsel Berkurban 26 Ekor Sapi

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, menyerahkan secara simbolis hewan qurban Pemda Konsel, sebanyak 26 ekor kepada Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI), H. Sjarif Sajang, yang selanjutnya akan dibagikan kepada fakir miskin/orang tidak mampu, usai melaksanakan Shalat Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M di Pelataran Rujab Bupat, Minggu (11/8).

Hewan Qurban tersebut, masing-masing disumbangkan Bupati 3 ekor sapi, Wakil Bupati 2 ekor, Sekda 1 dan Ketua DPRD 2 ekor sapi. Dalam pidatonya, Bupati, H. Surunuddin mengatakan bahwa makna hari raya Qurban adalah, bagaimana berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat dengan menanamkan sifat selalu ikhlas dan tetap tawadhu atau rendah hati, yang dipancarkan dalam sikap, tingkah laku, dan tutur kata.

“Sifat tawadhu sejatinya menjadi kebutuhan mendasar setiap manusia, yang ketika kita hiasi pada setiap perilaku yang patuh terhadap kebenaran, maka beragam kemaslahatan akan kita dapatkan,” ujar Surunuddin.

Untuk itu pihaknya, mengajak agar meningkatkan semangat berkurban untuk kemajuan daerah menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat.

Sementara itu, Khatib Shalat, Kejumantre, Kasie Penyelenggara Syariah Kemenag Konsel, menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari istimewa karena jutaan umat muslim merayakan dengan menjalankan ibadah haji yang mengumandangkan Takbir, Tahlil dan Tahmid, sekaligus peringatan hari peristiwa bersejarah dua hambanya yang melaksanakan perintah Allah, yakni Nabi Ibrahim, AS untuk mengorbankan dengan menyembelih Putra kesayangannya Nabi Ismail, AS.

“Yang dikerjakannya dengan taat dan ikhlas, namun dengan kuasanya, Allah SWT menggantikannya dengan seekor domba, kisah ini terus kita peringati melalui Hari Raya Idul Adha. Adapun makna peristiwa ini, adalah upaya mereformasi diri sendiri dengan jalan menyembelih serta membunuh watak dan tabiat hewaniyah yang kita miliki seperti mau menang sendiri, tamak dan rakus serta bakhil, gila kekuasaan, sombong, iri hati, dengki arogansi, tidak mau mendengar kritikan dan nasehat serta saran dari orang lain dan dari segala sifat yang tidak terpuji,” ungkapnya.

Dikesempatan tersebut, usai menjalankan shalat, Bupati bersama rombongan bergeser ke Desa Sangi-Sangi Kecamatan Andoolo untuk menyerahkan kurban kepada masyarakat kurang mampu di tempat tersebut. Seraya berpesan agar dibagikan secara adil kepada kaum duafa, fakir miskin, panti asuhan, dan masyarakat sekitar, serta mengajak warga yang mampu untuk selalu berkurban bukan hanya pada saat Idul Adha. (K5/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top