JAZIRAH SULTRA

Masyarakat Busel Antusias Sambut Mahasiswa KKN USN

Mahasiswa KKN USN Kolaka menggelar seminar desa di Balai Desa Lawela, Kecamatan Batauga, Buton Selatan (Busel), Minggu (18/8). Usai seminar mahasiswa dan aparat desa setempat sempatkan pose bersama. FOTO: Ist/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, BATAUGA – Masyarakat Kabupaten Buton Selatan (Busel), Sulawesi Tenggara sangat antusias menerima kedatangan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka. Sikap antusiasme tersebut ditunjukan masyarakat dengan melakukan penyambutan nan ramah di rumah-rumah mereka yang menjadi Posko mahasiswa selama 40 hari melaksanakan KKN di Busel.

Setidaknya ada empat kecamatan di Busel yang diplot sebagai lokasi KKN USN Kolaka Angkatan IV Tahun 2019.
Yakni, Kecamatan Batauga, Sampolawa, Siompu, dan Siompu Barat. Mahasiswa KKN yang berjumlah 498 orang itu tersebar pada 30 desa dan kelurahan di wilayah tersebut.

“Tak hanya masyarakat, dukungan dan perhatian juga diperlihatkan pemerintah daerah Busel. Mulai dari bupati, camat, kepala desa dan lurah, tampak bersatu-padu mempersiapkan segala sesuatu untuk penyambutan kehadiran mahasiswa,” ungkap salah satu dosen pembimbing mahasiswa USN Kolaka, Takwa Rahman, melalui press release yang diterima Kolaka Pos, Minggu (18/8).

Dikatakannya, sejak berada di Buteng pada Rabu (13/8) lalu, mahasiswa telah melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian di masing-masing lokasi. Khusus di Desa Lawela, Kecamatan Batauga, mahasiswa KKN berjumlah 17 orang dari berbagai disiplin ilmu, telah melakukan kegiatan awal mulai dari observasi lapangan hingga seminar program kerja atau seminar desa. “Para mahasiswa bahu-membahu dengan aparat desa dan warga menyukseskan program kerja yang telah direncanakan,” kata Rahman, yang juga dosen pembimbing mahasiswa KKN di Desa Lawela.

Lanjut dia, bertempat di Balai Desa Lawela, Minggu (18/8), mahasiswa telah melaksanakan seminar desa yang dihadiri unsur aparat pemerintahan dan masyarakat setempat. Dalam kesempatan itu Kades Lawela, Marlia menyampaikan terima kasih kepada pihak kampus USN Kolaka yang telah mempercayakan mahasiswanya melaksanakan KKN di desa mereka. “Kami senang dan bangga adik-adik mahasiswa mau ber-KKN di desa ini. Kami berharap apa yang terbaik dapat dipersembahkan untuk kemajuan desa ini. Mahasiswa KKN dapat berbaur dengan warga selama berada di lokasi, dan tentunya kami butuh ide, gagasan dan program-program yang bermanfaat bukan saja bagi warga tapi pembangunan desa ini,“ kata Takwa mengutip pernyataan Kades Lawela, Marlia saat menyampaikan sambutan di hadapan mahasiswa dan
warganya.

Ia menambahkan, bahwa untuk pertama kalinya pelaksanaan kegiatan KKN USN mengambil lokasi di wilayah kepulauan di Sultra, dimana sebelumnya selalu difokuskan di wilayah daratan. “Alhamdulillah melalui koordinasi dan kerjasama pihak kampus dengan Pemkab Busel, mahasiswa kami dapat diterima untuk melakukan pengadian di daerah ini. Sungguh menjadi kebahagiaan kami pula karena bisa merasakan bagaimana potret kehidupan masyarakat yang ada di wilayah pulau di Sultra,“ ujarnya.

Takwa, yang juga salah satu dosen di FKIP USN Kolaka ini berharap selama menjalankan program KKN, mahasiswa dapat mensinergikan ide dan gagasan yang dimiliki dengan program kerja di desa setempat. “Terpenting bagi adik-adik
mahasiswa jadilah panutan dan berikan yang terbaik sesuai potensi dimiliki dalam
bidang keilmuannya masing-masing, karena tidak menutup mata bahwa di desa seperti inilah anak-anakku belajar bermasyarakat yang sesungguhnya,“ tandasnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top