FEATURE

BUMN Hadir untuk Negeri Gelar Berbagai Kegiatan di Kolaka

Program BUMN Hadir untuk Negeri yang dipelopori PT Antam Tbk bersama PT Asuransi Jasindo dan PT Indofarma, menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI. FOTO: Nawir/Kolaka Pos

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hadir untuk Negeri kembali menggelar berbagai kegiatan di kabupaten Kolaka. Mulai dari program Siswa Mengenal Nusantara, pasar murah hingga jalan sehat, yang dipelopori oleh PT Antam Tbk bersama PT Asuransi Jasindo dan PT Indofarma, yang dirangkaikan dengan memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Direktur Utama (Dirut) PT Antam Tbk, Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan, program Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan Kementerian BUMN, agar lebih mengenal keanekaragaman budaya, kekayaan alam, potensi daerah dan kewirausahaan yang dimiliki Sulawesi Tenggara. Kemudian program pasar murah merupakan wujud kepedulian BUMN terhadap warga, agar bisa selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Selanjutnya program jalan sehat, yang menurutnya sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, mengingat kesehatan merupakan aset yang sangat berharga, agar cita-cita mewujudkan sumber daya manusia yang unggul demi Indonesia maju dapat terlaksana dengan baik.

Program BUMN Hadir untuk Negeri yang dipelopori PT Antam Tbk bersama PT Asuransi Jasindo dan PT Indofarma, menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI. FOTO: Nawir/Kolaka Pos

“Melalui program ini diharapkan akan semakin memperkuat rasa cinta tanah air, serta juga dapat memberikan tambahan wawasan sebagai bekal dimasa depan kelak. Oleh karenanya, kami mengharapkan setiap program yang ada dapat bermanfaat dan bisa terlaksana dengan maksimal,” Arie Prabowo Ariotedjo, akhir pekan kemarin.

Sementara itu, Bupati Kolaka Ahmad Safei sangat mengapresiasi kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri ini. Menurutnya, sebagai bukti BUMN Hadir untuk Negeri, pemerintah dan ketiga BUMN tersebut mengunjungi warga penerima bantuan bedah rumah.

“Berbagai kegiatan yang diselenggarakan BUMN Hadir untuk Negeri ini untuk mendukung dan memotivasi pemerintah, dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dengan kualitas kehidupan yang lebih baik,” tandasnya.

Untuk diketahui, 23 siswa-siswi asal provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tergabung dalam Siswa Mengenal Nusantara mengunjungi PT Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara, di kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka, Jumat (16/8) lalu.

Kemudian ketiga BUMN itu membagikan 600 paket sembako kepada warga yang dipusatkan di Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKIM) Mekongga, Tahoa, Kolaka, Sabtu (17/8). Dengan harga jual hanya Rp25 ribu per paket, yang di dalamnya terdapat beras, minyak goreng, ikan kaleng, susu, terigu, garam dan gula. Hasil dari penjualan paket itu yang ditaksir mencapai Rp100 juta akan disumbangkan untuk pondok Pesantren di wilayah Kolaka. Sebanyak 1.000 paket sembako akan kembali dibagikan ke warga Desa Tikonu, kecamatan Wundulako Rabu (21/8). Di desa Pondouwae, kecamatan Polinggona, digelar Kamis (22/8) sebanyak 400 paket sembako. Di Puudongi, Polinggona, akan dibagikan 400 paket sembako pada Sabtu (24/8). Minggu (25/8) di desa Mataosu Ujung, Watubangga, sebanyak 200 paket sembako. Senin (26/8) di Desa Rano Sangia, Toari, sebanyak 400 paket sembako.

Selanjutnya program jalan sehat yang digelar kemarin (18/8), dengan rute dari SIKIM Mekongga menyusuri Jalan Mekongga Indah hingga Tugu Antam. Peserta mengitari tugu kemudian kembali ke SIKIM Mekongga. Dalam kesempatan itu juga, dilakukan penyerahan bantuan dana pendidikan untuk siswa SD, SMP dan SMA, dengan total penerima sebanyak 120 orang. Ketiga BUMN ini juga memberikan bantuan sarana air bersih berupa pipanisasi untuk pengaliran air bersih. Termasuk perbaikan Mandi Cuci Kakus (MCK) yang tersebar di 150 titik lokasi dan bedah rumah di 10 titik lokasi, serta pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang hadir dalam kegiatan jalan sehat tersebut. (wir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top