BOMBANA

Pemkab Bombana Ambil Alih Pelabuhan Kasipute

KOLAKAPOS, Rumbia–Beberapa waktu lalu, dinas Perhubungan Bombana telah melayangkan usul pengambilalihan pelabuhan feri Kasipute yang saat ini masih tercatat sebagai aset pemerintah pusat. Upaya tersebut menunjukkan hasil positif dengan akan terbitnya surat persetujuan Menteri Perhubungan terkait pelimpahan aset.

Kadis Perhubungan Bombana, Sharul mengatakan Balai Pengelolaan Transportasi Darat wilayah VIII Kementerian Perhubungan telah menyatakan hal tersebut minggu lalu.

Pemkab Bombana jelasnya, akan menjadikan pelabuhan tersebut sebagai salah satu penggerak ekonomi warga sekitar. Rencananya, Pemkab akan membangun terminal dan beberapa fasilitas penunjang lainnya. Selain menargetkan PAD, Sharul mengatakan juga akan terjadi pemberdayaan masyarakat. “Selama ini pelabuhan feri begitu saja, perawatannya pun dibebankan ke daerah. Namun untuk peningkatan ekonomi masyarakat tidak ada kesempatan. Makanya kami mau ambil alih biar dapat dimanfaatkan masyarakat,” ujarnya.

Untuk meniongkatkan lalu lintas ekonomi di wilayah itu, Pemkab Boombana juga akan menambah armada feri rute Kasipute-Sikeli. “Yang ada saat ini hanya rute Kasipute – Dongkala – Bau-bau – Tondasi, juga rute Kasipute – Sikeli – Bira. Kedepannya, akan kami tambahkan lagi rute Kasipute – Sikeli,” paparnya. (k6)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top