BERITA UTAMA

Muna Kembali Buka Penerimaan CPNS dan PPPK

Plt Kepala BKPSDM Muna, Rustam

KOLAKAPOS, Raha–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna akan kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap II tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Muna, Rustam pada Kolaka Pos, Senin (2/9).

Jika tidak ada halangan, penerimaan pegawai itu akan dibuka pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. “Rencana pembukaan rekrutmen ini pasca pelantikan Presiden. Rencananya kalau bukan di akhir Oktober maka awal November mendatang,” ujar Rustam.

Pemkab akan menyediakan 330 kuota yang terdiri dari 200 CPNS dan 130 PPPK. “Untuk CPNS, diprioritaskan guru, kesehatan dan tenaga teknis. Sementara untuk PPPK, juga diprioritaskan guru, kesehatan dan tenaga teknis,” jelasnya.

Rustam mengakui rasio belanja pegawai Muna yang lebih dari 6200 orang, tergolong sangat besar. Namun, Pemkab ngotot membuka penerimaan pegawai tahap dua karena tenaga guru, kesehatan dan tenaga teknis cukup minim. “Saya kira memang kalau kita bicara rasio pegawai kita, itu harus kita akui juga bahwa belanja kita besar. Tapi kan persoalannya, tenaga ASN guru dan kesehatan Muna kurang. Kemudian ada instansi-instansi teknis yang sangat kita butuhkan tapi kita tidak punya tenaga (ASN) untuk itu. Sehingga mau bagaimana pun tetap kita akan rekrut. Walaupun kondisinya mempengaruhi kondisi keuangan di DAU (Dana Alokasi Umum). Tapi disisi lain kita ada pensiunan tahun ini sebanyak 187 orang. Jadi tenaga pensiunan ini yang juga menjadi pertimbangan kita untuk membuka penerimaan CPNS,” pungkasnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top