JAZIRAH SULTRA

Ratusan Anak di Lawela Ikut Giat Mahasiswa KKN USN

KOLAKAPOS, Batauga–Ratusan anak usia sekolah tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Desa Lawela, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan (Busel) ambil bagian dalam kegiatan Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan VI Tahun 2019 Universitas Sembilanbelas November (USN-Kolaka) di wilayah tersebut. Mereka terlibat aktif mengikuti suguhan giat mahasiswa, menjadi peserta lomba mewarnai, menggambar, adzan, dan hafalan surah-surah pendek Al quran yang diselenggarakan pihak mahasiswa dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 hijriah bertempat di SD Negeri 1 Lawela, dan masjid desa.
, Salah seorang panitia pelaksana Nurma Ningsih mengatakan, kegiatan yang diprakarsai Mahasiswa KKN USN Kolaka, merupakan bagian dari program kerja (proker) peserta KKN. “Selain bertujuan untuk memberikan motivasi belajar kepada anak-anak di desa, juga kegiatan semacam ini adalah bentuk upaya kita dalam mensyiarkan nilai-nilai keislaman seperti peringatan tahun baru Islam, 1 Muharram 1441 H, “ ujarnya.
Hal senada juga ditegaskan oleh Koordinator Desa (Kordes) Mahasiswa KKN USN, Rio bahwa antusiasme anak-anak mengikuti kegiatan lomba sangat besar. “Yang mendaftar ratusan orang, baik untuk kategori mewarnai, menggambar, lomba adzan maupun hafalan surah-surah pendek Al quran, bahkan orangtua merekapun ikut mendukung anak-anaknya untuk ikut lomba. Ibu Kades Lawela, Marlia dan Kepsek SDN 1 Lawela, La Amani juga memfasilitasi kegiatan yang kami laksanakan, “ungkapnya.
Secara terpisah, Kades Lawela, Kecamatan Batauga, Marlia menyampaikan apresiasinya atas paket giat yang dipersembahkan mahasiswa KKN. “Saya selaku pemerintah desa sekaligus orang tua asuh anak-anak mahasiswa peserta KKN, sangat berterima kasih karena keberadaan mahasiswa di desa kami memberikan nilai tambah, bahkan banyak hal yang mereka perbuat untuk kemajuan atau pembangunan Desa Lawela. Meskipun hadiah yang kita berikan kepada anak-anak peserta lomba yang berhasil juara, tidak begitu besar nilainya. Tapi yang utama dan terpenting, bagaimana upaya kita dalam memotivasi anak-anak untuk selalu belajar termasuk mereka dapat memperoleh informasi dan pengetahuan yang disajikan oleh adik-adik mahasiswa, “ tukas bu Marlia.(k2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top