METRO KOLAKA

FTI USN Layak Pindah ke Tanggetada

Dekan FTI USN Kolaka, Qammaddin (ketiga dari kanan), bersama tim saat melakukan peninjauan di kampus baru Tanggetada belum lama ini. FOTO: Ist/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka tengah merencanakan hijrahnya dua fakultasnya, yakni Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dan Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dari kampus induk di Jalan Pemuda, ke kampus baru di Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka. Direncanakan, pindahnya dua fakultas itu akan dilakukan pada awal Oktober mendatang.

Terkait hal itu, Dekan FTI USN, Qammaddin, mengatakan hijrahnya dua fakultas itu, khususnya FTI ke kampus baru Tanggetada bukan hal baru. Sebab, wacana pemindahan itu telah disosialisasikan kepada mahasiswa sejak 2015 lalu.

Menurutnya, ada berbagai pertimbangan hingga FTI layak pindah ke kampus baru. Pertama, kondisi fisik gedung kuliah FTI di kampus induk saat ini sudah tidak representatif untuk proses perkuliahan. Kedua, mahasiswa FTI yang berjumlah 1.877 (1.662 mahasiswa lama, dan 215 mahasiswa baru) sudah tidak sebanding dengan jumlah ruang kuliah yang ada di kampus induk. “Belum lagi pada penerimaan mahasiswa baru di tahun mendatang, diperkirakan akan ada kenaikan jumlah maba. Kondisi inilah yang membuat FTI dinyatakan layak pindah mendahului FKIP dan Fakultas Hukum ke kampus baru USN Kolaka di Tanggetada pada bulan Oktober 2019 nanti,” terang, Rabu (4/9).

Di kampus baru, tambah dia, FTI akan menempati gedung tiga lantai dengan 18 ruang kuliah. Terdapat pula gedung Laboratorium Terpadu, dengan dua ruang Laboratorium Komputer. “Insya Allah kampus baru akan membawa suasana baru, dan semoga iklim akademik tetap terjaga dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi.  Disamping itu, keberadaan kampus USN Kolaka di Tanggetada, akan memberi dampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi, khususnya warga yang tinggal di seputaran kampus,” tandasnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top