KOLAKA UTARA

63 Desa di Kolut Bakal Gelar Pilkades

KOLAKAPOS, Kolut–63 Desa yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pilkades Serentak di Bumi Patampanua pada November mendatang. Perhelatan sekali Enam tahun di Desa itu dibanjiri para calon kandidat, pasalnya dalam satu desa jumlah Pendaftar ada yang mencapai Sembilan Orang.
Dikatakan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kolaka Utara Usman bahwa saat ini para calon kepala desa tengah mempersiapkan Berkas sebagai persyaratan pendaftaran Calon Kepala Desa.“Bulan November kita akan menggelar Pilkades di 23 Desa yang ada pada tahap kedua ini,”katanya.
Setiap Desa hanya boleh mencalonkan Lima orang, sementara desa yang lebih lima orang akan digelar seleksi berkas, untuk melihat kelengkapan berkas tersebut, namun jika dari Lima orang itu semua memenuhi persyaratan maka akan digelar seleksi tambahan.
“Calon Kepala Desa Paling banyak Lima Orang, lebih dari lima orang kita akan selesi berkas, jika semua berkasnya lengkap maka akan digelar seleksi tambahan yakni Tes Wawancara untuk menilai kemampuan calon Kepala Desa kemudian akan di rangking pertama sampai Lima,”katanya.
Lebih lanjut dia menuturkan bahwa yang masuk Lima besarlah yang akan ikut pencalonan Kepala Desa, calon kepada Maksimal Lima orang dan Minimal Dua Orang, “Jika ada Desa yang calonya tidak Cukup Dua orang, maka akan dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran,”katanya.
Lebih lanjut dia berharap pelaksanaan Pilkades kali ini berjalan lancar dan kondusif, para pendukung dan kandidat harus menjaga tensinya untuk tetap tenang menghadapi pilkades.“Kita harap Pilkades ini berjalan aman dan lancar, dan 63 orang yang terpilih menjadi pemimpin terbaik untuk Desa dan Kolaka Utara,”harapnya.(Cr2/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top