MUNA

Dekranasda Sultra Ambil Bagian di Dekranas Award Pembina Teladan

Ketua Dekranasda Sultra, Agista Ali Mazi (baju merah) didampingi ketua Dekranasda Muna, Yanti Setiawati Rusman, (baju kuning) saat memberikan pemaparan dalam kegiatan Dekranas Award Pembina Teladan 2019 yang digelar di Kantor Dekranas Rumah Kriya Asri, Jakarta.FOTO:ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ikut ambil bagian dalam kegiatan Dekranas Award Pembina Teladan 2019, yang digelar di Kantor Dekranas Rumah Kriya Asri, Jakarta, Kamis (5/9). Pasalnya, Ketua Dekranasda Sultra Agista Ali Mazi, ikut memberikan pemaparan dan wawancara pada kegiatan yang diikuti oleh 18 Provinsi se Indonesia itu. Hal tersebut diucap Ketua Dekranasda Muna, Yanti Setiawati Rusman.
Menurutnya, kegiatan Dekranas Award Pembina Teladan mengarah pada pengembangan produk kerajinan, seni dan pembinaan pelaku usaha dalam rangka peningkatan bisnis yang dijalankan oleh kelompok usaha kecil menengah (UKM). “Ketua Dekranasda Sultra, Agista Ali Mazi meminta tiga Dekranasda Kabupaten untuk mendapinginya pada kegiatan ini yakni Ketua Dekranasda Muna, Wakatobi dan Bau-bau,” ucapnya pada Kolaka Pos via telepon seluler, Kamis (5/9) malam.
Kata Yanti, tiga program prioritas Dekranasda Sultra yang dipaparkan Ketua Dekranasda Sultra, Agista Ali Mazi yakni pengembangan kerajinan berbasis budaya lokal, peningkatan kualitas produk, SDM perajin dan pemasaran, serta pengembangan desa wisata berbasis kerajinan. “Kalau Muna yang kita pamerkan ada tenun Muna, anyaman nentu dan pengolahan limbah kayu jati yang dibuat menjadi pajangan. Kalau untuk Sultra ada perak dan masih banyak lagi,” katanya.
Masuknya Dekranasda Sultra pada kegiatan Dekranas Award Pembina Teladan mendapatkan apresiasi dari berbagai pakar diantaranya mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia pada Kabinet Reformasi Pembangunan Rahardi Ramelan. “Semoga Sultra menjadi salah satu yang mendapatkan penghargaan. Insya Allah rencananya pengumumannya saat kegiatan Rakornas PKK yang akan berlangsung pada 10-15 September mendatang,” pungkasnya. (m1/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top