BERITA UTAMA

Gubernur Sultra Ali Mazi : Pertumbuhan Ekonomi Sultra Melebihi Pertumbuhan Ekonomi Nasional

KOLAKAPOS, Kendari–Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi mengatakan pertumbuhan ekonomi Sultra cukup baik, dimana telah mencapai angka 6,40% melebihi angka pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai angka 5,05%.

“Pertumbuhan ekonomi kita mengalami peningkatan dibanding triwulan yang sama tahun 2018 tercatat 6,15%, angka tersebut menunjukan bahwa ekonomi Sulawesi Tenggara cukup baik,” kata Ali Mazi saat mengekspose satu tahun masa kepemimpinannya bersama Lukman Abunawas di Sultra, di salah satu hotel di Kendari, Kamis (5/9/19).

Ali Mazi juga memaparkan keberhasilan secara makro yang diraihnya dalam pemimpin Sultra selama kegiatan pembangunan beberapa tahun terakhir yaitu capaian indeks gini rasio pada angka 0,382. Menurutnya angka tersebut menunjukkan bahwa kesenjangan pendapatan masyarakat dikarenakan pendapatan masyarakat luas.

“Indikator lain yang perlu mendapatkan perhatian yaitu tingkat kemiskinan yang mencapai angka 11,32% mengalami penurunan dimana pada tahun 2017 tercatat 12,81%. Penyebabnya adalah sebagai besar masyarakat Sultra masih menggantungkan hidupnya disektor pertanian, kehutanan dan perikanan,” kata Ali Mazi.
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi saat mengekspose satu tahun masa kepemimpinannya di Sultra bersama Lukman Abunawas. Masa kepemimpinan Ali Mazi – Lukman Abunawas (AMAN) genap satu tahun terhitung sejak dilantik menjadi gubernur oleh Presiden Jokowidodo pada 5 September 2018 lalu.

Menurutnya, walaupun mengalami penurunan akan tetapi pertumbuhan sektor tersebut cukup lama dibanding sektor lainnya seperti pertambangan dan jasa, sehingga hal itu berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat.

Ali mazi juga memaparkan pembangunan saat ini yang sedang dilakukan yaitu pembangunan perpustakaan modern bertaraf internasional, pembangunan Rumah Sakit Jantung dan pembuluh darah serta pembangunan jalan pariwisata Kendari-Toronipa.

Dalam kesempatan tersebut, Ali Mazi mengajak semua pihak untuk mensinergikan pemikiran dan langkah untuk bersama-sama membangun daerah Sulawesi Tenggara (p/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top