METRO KOLAKA

Peringati Harhubnas, UPP Kolaka Gelar Aksi Bersih Laut dan Pantai

Kegiatan bersih laut dan pantai yang dilaksanakan oleh Kantor UPP Kelas III Kolaka dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional yang ke-74 tahun.FOTO:Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kolaka menggelar aksi bersih laut dan pantai di area pelabuhan samudra, pelabuhan ferry, dan tugu coklat, Kamis (12/9). Aksi gerakan bersih laut dan pantai bersama masyarakat umum, TNI-Polri, dan Basarnas itu dilakukan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-74, yang jatuh pada tanggal 17 September mendatang.

Kepala UPP Kelas III Kolaka Hasfar melalui kepala tata usaha Muh. Yunus mengatakan, bahwa jika kegiatan bersih laut dan pantai yang di laksanakan hari ini, merupakan kegiatan yang serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional Ke-74 tahun. Dimana kegiatan bersih laut dan pantai dibagi dalam tiga regu, untuk regu pertama membersihkan pesisir pantai pelabuhan samudera, regu kedua membersihkan pesisir pantai tugu coklat dan regu tiga di pelabuhan penyeberangan ferry Kolaka. ”Kegiatan bersih laut dan pantai hari ini merupakan istruksi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kepada seluruh kantor UPP di seluruh Indonesia, agar pada tanggal 12 September hari ini (kemarin, red), melaksanakan kegiatan bersih laut dan pantai,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini sudah dijadikan sebagai agenda tahunan. Adapun tujuan kegiatan bersih laut dan pantai agar masyarakat bisa peduli dan tidak membuang sampah di sepanjang pesisir pantai dan laut. Sehingga wajah laut dan pantai bersih dari sampah. ”Untuk kegiatan semua unsur kita libatkan. Adapun tujuan kegiatan bersih laut dan pantai agar wilayah pelabuhan dan pantai tetap bersih dari sampah dan masyarakat lebih peduli dengan pantai dan laut Kolaka ” jelasnya.

Sementara itu, Lurah Kolakasi Hamrin Badaming yang juga turun langsung membantu membersihkan area pantai, mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan UUP Kelas III Kolaka. ”Kegiatan ini sangat positif, saya sebagai lurah kolakasi sangat mendukung kegiatan ini. Dan ada sekitar 100 orang warga saya turun langsung membantu dalam kegiatan ini ” singkatnya. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top