BERITA UTAMA

Surunuddin Kembalikan Formulir Bacabup Konsel Ke PDIP

Nanang Supratman saat mewakili Surunuddin Dangga mengembalikan berkas pendaftaran Bacabup Konsel ke Panitia Penjaringan DPC PDIP Konsel

KOLAKAPOS, Andolo–H. Surunuddin Dangga menjadi orang yang pertama mengembalikan formulir berkas bakal calon bupati (Bacabup) Konawe Selatan ke tim penjaringan PDI Perjuangan di Kantor DPC PDI Perjuangan Konsel, Jumat (13/9). “Hingga saat ini tercatat ada enam orang yang sudah mengambil formulir bacabup Konsel di PDI Perjuangan, namun baru satu orang yang mengembalikan yakni H. Surunuddin Dangga,” kata Ketua Panitia Penjaringan PDIP, Udin Saputra, di Kendari, Jumat (13/9).

Berdasarkan catatan PDIP Konsel, dari enam orang yang mengambil formulir tersebut yakni H. Surunuddin Dangga, Arsalim Arifin, Beangga Harianto, Irham Kalenggo, Rustam Silondae dan Senawan Silondae. “Enam orang sudah mengambil formulir sebagai bakal calon bupati Konsel dan baru satu yang mengembalikan,” ucap Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Konsel itu.

Pihaknya juga sudah menetapkan jadwal pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran bakal calon kepala daerah dilaksanakan sejak tanggal 10-17 September 2019. Kemudian tahapan verifikasi dan validasi dokumen dilaksanakan saat pengembalian formulir. “Pengembalian formulir pendaftaran paling lambat 17 September 2019 karena kami akan melakukan verifikasi berkas dengan syarat yang sudah ditentukan, sehingga berkas itu akan diserahkan kepada DPD PDIP Sultra dan akan dilanjutkan kepada DPP PDIP,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anggota Dewandari Dapil II Konsel ini menjelaskan, setelah pengembalian formulir dan verifikasi dilakukan, DPC PDIP Konsel akan melakukan pelatihan atau sekolah partai sesuai dengan instruksi dari DPP PDIP. “Dari pelatihan inilah nantinya, akan dilihat siapa yang paling terbaik Bacabup yang akan diberikan rekomendasi namun hal itu juga kami berpatokan sesuai survey dilapangan,” katanya.

Olehnya itu Udin berharap, orang yang sudah mengembalikan formulir ini bisa di tindak lanjuti dan bisa bergabung Ke PDIP sehingga kedepanya bisa membantu membesarkan partai PDIP ini. “Kalau rekomendasi itu belum bisa kami sampaikan, karena hal ini merupakan gawean DPP PDIP. Namun dalam dekat ini kami akan berkordinasi dengan DPD dan DPP setalah itu baru kami sampaikan siapa yang mendapatkan rekomendasi itu secara transparan,” jelas dia.

Sementara Surunuddin yang diwakili oleh Nanang Supratman mengatakan pihaknya sudah melengkapi sejumlah persyaratan yang ditentukan, sehingga mengembalikan berkas pendaftaran bacabup Konsel ke Panitia Penjaringan DPC PDIP Konsel lebih awal. “Kebetulan untuk pendaftaran partai baru PDI Perjuagan yang membuka sehingga hari ini kami serahkan formulir pendaftaran setelah berapa hari kemarin kami ambil,” ungkap Nanang.

Kata Nanang, Surunuddin siap berkomunikasi dengan seluruh partai politik untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Konsel 2021. “Kalaupun ada partai lain lagi yang membuka pasti kami usahakan,” ujarnya.

Dikonfirmasi terkait calon yang akan mendampingi H. Surunuddin, Nanang mengatakan akan berdasarkan hasil survey tertinggi tiap-tiap calon. “Nanti dilihat hasil survey siapa yang akan mendampingi pak Surunuddin, karena itu menjadi dasar awal. Olehnya itu kita berharap, setelah pengembalian formulir ini, pihak PDIP khususnya DPC Konsel bisa bersama-sama dengan H. Surunuddin untuk di Pilkada nanti,” tutup Nanang. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top