BERITA UTAMA

Dinas Pariwisata Bombana Lestarikan Budaya Lewat Festival Tangkeno

KOLAKAPOS, Rumbia–Dinas Pariwisata kabupaten Bombana kembali menggelar festival Tangkeno ke 7. Agenda tahunan tersebut akan berlangsung 14 sampai dengan 19 September di dua kecamatan yakni kecamatan Kabaena tengah desa Tangkeno dan kecamatan Kabaena timur desa Tapuhaka.
Kepala Dinas pariwisata,pemuda dan olah raga Janariah S.Sos,M.Si saat di hubungi lewat via handphone,Minggu (15/9) mengatakan tema kegiatan ini soal kearifan lokal masyarakat Kabaeana melalui tari Lolo,Cerita Rakyat,Lomba Perahu Hias dan Kuliener serba ikan.

“Untuk lomba perahu hias akan diselenggarakan di desa Tapuhaka,selebihnya diadakan di tangkeno,”tegasnya.

Menurut Janariah ke empat kegiatan tersebut diadakan sebagai upaya dinas pariwisata kabupaten Bombana menarik simpatisan para penikmat wisata,baik yang ada di dalam
maupun di luar kabupaten Bombana untuk berkunjung di desa Tangkeno yang di kenal dengan negeri di atas awan.

“Kita memperkenalkan kegiatan-kegiatan masyarakat Kabaena zaman dahulu seperti ini dan kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mempertahankan kearifan lokal masyarakat Kabaena seiring perkembangan zaman dan teknologi,”ungkapnya.

Menunjang hal tersebut kata Janariah tentu dukungan serius dari pemerintah daerah dan pusat sangat di butuhkan terlebih pada dukungan infrastruktur jalan dan laut.

Bila hal tersebut terakomodir tentu destinasi wisata yang ada di Kabaena akan berdampak pada peningkatan sektor ekonomi masyarakat.(K6/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top