KONAWE SELATAN

Ikuti Festival Seni Keagamaan Hindu Tingkat Nasional

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga didampingi Wabup Dr. Arsalim Ariffin saat melepas kontingen Keagamaan Hindu ikuti festival seni tingkat nasional.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

Pemda Konsel Apresiasi PHDI Konsel Wakili Sultra

KOLAKAPOS, Andoolo–Umat Hindu Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) wakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam ajang Festival Seni Keagamaan Hindu Tingkat Nasional III tahun 2019 di Kota Surabaya, Jawa Timur.
Penunjukan kontingen untuk mengikuti lomba tersebut sesuai SK Kanwil Kemenag Sultra nomor494/KW.24.9/BA.01.I.02/2019 tanggal 8 Februari 2019 dan SK Ketua Pengembangan Dharma Gita Konsel nomor 01 tahun 2019 tentang penetapan panitia pelaksana, pembentukan, pembinaan kontingen festival seni.
Rombongan tersebut dilepas secara resmi dan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Konsel Surunuddin Dangga, didampingi Wabup Arsalim Arifin dan Kepala Kemenag Adnan Saufi dan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Konsel I Gusti Adi Suwantara, di Pura Desa Adat Tridanamulya, Kelurahan Landono, Minggu (15/9).
Dalam sambutannya, Surunuddin menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada Lembaga Pengembangan Dharma Gita Konsel yang telah mewakili Sultra pada ajang tersebut di tingkat nasional.
“Saya mengapresiasi lembaga keagamaan Hindu Konsel, yang telah berjuang dan membina sehingga mampu mengikutsertakan dan mewakili Sultra pada festival nasional tersebut, dengan peserta murni berasal dari putra-putri asli dari 6 Kecamatan se-Konsel,” ujarnya.
Bupati juga berharap, melalui festival tersebut dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran Hindu, serta menjadi ajang pembuktian kemampuan umat Hindu Konsel yang kualitasnya tidak kalah dengan daerah lainnya.
“Pemda bersama masyarakat Konsel turut mendukung dan mendoakan, semoga kontingen kita mampu tampil maksimal dan masuk dalam nominasi serta menjadi yang terbaik, sebagai suatu kebanggan bagi daerah kita, olehnya itu secara pribadi saya bersama Wabup menyumbang sebanyak Rp20 juta untuk dipakai selama mengikuti lomba,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua PHDI Konsel, I Gusti Adi Suwantara mengatakan bahwa festival ini merupakan salah satu program pembinaan umat, dalam rangka menciptakan kerukunan intern Hindu untuk meningkatkan srada dan bhakti kepada ida sanghyang widi wasa, juga sebagai media pelestarian dan pengembangan seni keagamaan Hindu, yang digelar setiap 3 Tahun sekali, yang berlangsung di Surabaya pada 17 – 21 September 2019.
“Total Rombongan 55 orang, terdiri dari official 5 orang, 25 penabuh, 23 penari, 2 orang penata rias gabungan dari 6 Kecamatan se-Konsel. Adapun jenis lomba yang diikuti yakni, musik dan tari tradisional serta tari kreasi ritual keagamaan Hindu, Sandyagita dengan pesan-pesan Yadnya, dan lawak keagamaan Hindu dengan tema nilai-nilai agama,” bebernya.
Gusti berharap dukungan moral dan materil dari Pemda Konsel dan seluruh elemen masyarakat, agar apa yang dicita-citakan untuk masuk nominasi dapat tercapai sebagai bagian mendukung pembangunan melalui kegiatan keagamaan menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top