BERITA UTAMA

Kakao di Kolaka Utara Mulai Ditanam Serentak

Wakil Bupati Kolaka Utara menanam Kakao

KOLAKAPOS, Lasusua–Revitalisasi Kakao menjadi Program andalan Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nurrahman Umar dan Wakilnya H.Abbas,SE. Untuk kembali mensejahterakan masyarakat yang dipimpinnya, Sabtu (14/9) Wakil Bupati Kolaka Utara bersama puluhan masyarakat desa Kalu-kaluku menanam Kakao.
Penanaman ini dalam rangka percepatan sisa target penanaman pasca penyaluran bibit kakao yang bersumber dari anggran APBD,APBN dan Dana Desa Tahun 2019.
Pemerintah Kolaka utara mencanangkan aksi menebang dan menanam bersama petani yang dilakukan secara serentak di masing-masing wilayah.
Dikatakan Wakil Bupati Kolaka Utara H.Abbas bahwa Penanaman Kakao harus dilakukan secara serentak di setiap wilayah, dan bibit yang telah dibagikan segera di tanam.Pasalnya jika tidak ditanam segera maka kualitasnya kurang bagus.
“Bibit yang sudah dibagikan itu harusnya secepatnya di tanam, karena tinggal satu tahun bisa-bisa tidak berbuah,”jelasnya.
Dikatakan, pemerintah juga sudah membagikan bibit dan pupuk tapi ada beberapa pupuk dibiarkan saja berhamburan, diharapkan bibit dan pupuk yang sudah dibagikan segera digunakan.
Diapun menyatakan bahwa program revitalisasi ini butuh bantuan masyarakat untuk mensukseskan program. “Jika dalam program tersebut masyarakat mendapatkan kendala harus segera dilaporkan dan diatasi. untuk semua pendamping segera mendata jumlah bibit yang dibagikan ke masyarakat, berapa yang sudah di tanam berapa yang belum ditanam kemudian berapa yang mati,”katanya.(Cr2/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top