BERITA UTAMA

APBD 2020 Kolaka Diproyeksikan Sebesar 1,4 T

Saat rapat paripurna penyerahan  KUA PPAS APBD 2019 dari Bupati Kolaka, Ahmad Safei kepada Ketua DPRD Kolaka, Parmin Dasir

KOLAKAPOS, Kolaka — Postur Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020 Kabupaten Kolaka diproyeksikan akan meningkat dalam mendukung pelaksanaan Rencana Prioritas Pembangunan Daerah Dan Program Kegiatan tahun 2020. Peningkatan itu diproyeksikan hingga mencapai angka 1,4 Trilun lebih, atau naik dibanding postur APBD Perubahan 2019 lalu yang hanya mencapai 1,3 Triliun lebih. Hal itu diungkapkan oleh Bupati Kolaka, Ahmad Safei dihadapan anggota DPRD Kolaka dalam sidang paripurna penyerahkan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Kolaka tahun 2020.

Dalam penjelasannya, Ahmad Safei menyampaikan postur APBD pada KUA dan PPAS tersebut diantaranya Pendapatan Daerah diproyeksikan sebesar 1,4 Triliun lebih, Belanja Daerah sebesar 1,4 Triliun lebih. “Pendapatan Daerah diproyeksikan sebsar Rp. 1.462.913.790.200,00 sementara itu Belanja Daerah, sebesar 1.460.595.224.400.,” papar Ahmad Safei.

Lanjutnya dari proyeksi pendapatan dan belanja tersebut itu didapatkan surplus anggaran sebesar 2,3 milyar lebih. “Surplus tersebut diproyeksikan untuk menutup defisit pembiayaan netto, yang dihitung dari selisih proyeksi penerimaan pembiayan daerah sebesar 6,3 Milyar dan proyeksi pengeluaran pembiayaan daerah sebesar 8.5 milyar, sehingga penganggaran tahun 2020 menganut konsep anggaran berimbang.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Safei juga menyampaikan KUA dan PPAS APBD 2020 disusun untuk memperkuat Tema Pembangunan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kolaka pada tahun 2020 yaitu Peningkatan Kualitas dan Pemerataan Pembangunan Untuk Mendukung Pengembangan SDM. “Tema tersebut selaras dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020 yaitu “Peningkatan Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Berkualitas,” terangnya.

Dan Bupati Juga menyampaikan dalam kebijakan uum APBD Tahun Anggaran 2020 diarahkan pada Agenda Pembangunan Daerah antara lain Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, Pembangunan dan Perbaikan Infrastruktur Strategis, Peningkatan Pemenuhan Pelayanan Dasar, dan Perbaikan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat.

Bupati berharap KUA PAS tersebut dapat dibahas bersama sama untuk mencapai nota kesepakatan bersama. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top