BERITA UTAMA

Kolaka Terpilih Menjadi Penyelenggara Gowes Nusantara 2019

Abdul Aris, Kabid Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka — Kabupaten Kolaka terpilih menjadi salah satu penyelenggara sepeda santai bertajuk Gowes Nusantara 2019. Gowes Nusantara sendiri merupakan agenda Kemenpora diselenggarakan di lebih 50 titik di Indonesia. Kabupaten Kolaka sendiri tahun ini terpilih menjadi penyelenggara setelah tahun sebelumnya hanya menjadi titik singgah.

“Alhamdulillah, tahun ini Kolaka dipilih oleh Kemenpora menjadi penyelenggara dari 40 Kabupaten Kota, kalau dulu sebelumnya hanya sebagai titik singgah,” papar Abdul Aris, Kabid Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kolaka (17/9).

Acara Gowes tersebut kata Aris, diperuntukan untuk umum, tidak terfokus untuk profesional saja, sehingga diharapakan masyarakat umum dapat mengikuti kegiatan bersepada santai itu.

“Terbuka untuk umum, bukan yang profesional saja, jadi bisa diikuti baik untuk komunitas maupun masyarakat umum,” kata Aris.

Adapun rute Gowes Nusantara 2019 di Kota Kolaka kata Aris yaitu mengililingi kota Kolaka dimulai dari Tugu Kakao dan kembali finish ditempat itu dengan jarak 11 km.
Aris juga menambahkan, bahwa pihaknya menargetkan peserta dalam Gowes itu hingga 5000 peserta.

“Minimalnya 1500 peserta, dan kalau bisa kita capai 5000 peserta,” paparnya optimis.
Untuk itu, saat ini kata Aris, pihaknya sudah mulai sosialisasikan dan mempublikasikan kegiatan ini bahkan telah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Kegiatan Gowes tersebut kata Aris menjadi program kemenpora untuk membudayakan gemar bersepeda dan berolahraga demi kesehatan.

Untuk diketahui Program Gowes Nusantara ini akan diadakan dibeberapa kabupaten/kota yang tersebar di 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Rombongan yang terdiri dari 15 pesepeda akan menyusuri jalanan Indonesia sejauh 5.000 km, dan berakhir di Mataram, Nusa Tenggara Barat. (mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top