BERITA UTAMA

Polres Kolaka Tangkap Terduga Pelaku Pembakaran Lahan di Koltim

terduga pelaku pembakaran lahan di Koltim yang ditangkap

KOLAKAPOS, Kolaka — Seorang pria yang diduga pelaku pembakaran lahan di Desa Wesalo Kecamatan Lalolae Kabupaten Kolaka Timur, ditangkap oleh aparat Polres Kolaka Sulawesi, pada Rabu 18 September 2019 kemarin.

Kapolres Kolaka AKBP Bambang Satriawan, melalui Paur Humas Polres Kolaka Bripka Riswandi menjelaskan, terduga tersebut diketahui bernama Sartiamin (41) yang merupakan warga Kelurahan Anawoi Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka. Terduga ditangkap di Desa Wesalo Kecamatan Lalolae Kab. Kolaka Timur. “Pernangkapan ini berdasarkan hasil Lidik dan pengumpulan keterangan anggota Satgas Intelejen Operasi Bina Karuna, bersama

Personil Intelejen Karhutla, terkait kebakaran lahan di Desa Wesalo,” papar Riswandi (19/9).
Lanjutnya dari hasil keterangan yang di kumpulkan Polisi, juga diduga kuat pelaku adalah anak buah dari seseorang yang berinisial HT dan sering melakukan pembakaran lahan pada saat malam hari maupun di pagi hari.

“Tim menemukan pelaku tertangkap tangan saat sedang melakukan pembakaran, di lahan gambut yang berada di dua (2) titik, yaitu dekat Rumah Kebun miliknya”, Jelas Riswandi.
Riswandi juga menjelaskan, pelaku kedapatan melakukan pembakaran dengan cara mengumpulkan daun dan ranting kering lalau membakar dengan menggunakan korek api.

Terkait kasus tersebut, personil Satgas Intelijen Bina Karuna bersama personil Intelijen Karhutla yang terdiri dari gabungan anggota Sat Intel Polres Kolaka dan anggota Intel Polsek Rate-Rate dan anggota Polsek Mowewe, langsung mengamankan terduga pelaku pembakaran lahan.

“Terduga pelaku langsung di giring ke Polres Kolaka, guna kepentingan proses lebih lanjut, dan atas tindakannya, pelaku di ancam dengan pasal 78 Ayat 3 Undang-Undang No 41 tahun 1999 tentang kehutanan, serta pasal 69 ayat (1), huruf h UUPPLH, dan pasal 108 UUPPLH tentang Karhutla”, Tegas Bripka Riswandi. (mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top