METRO KOLAKA

Siswa SMA 1 Kolaka Dapat Program Kewirausahaan dari Kemendiknas

KOLAKAPOS, Kolaka — SMA 1 Kolaka mendapatkan program kewirausahaan dari kementrian pendidikan nasional (Kemendiknas). Program tersebut akan diberikan kepada siswa agar mampu mengembangkan bakatnya dibidang kewirausahaan.

Kepala SMA 1 kolaka Ustad Ahmad mengatakan, sejak awal Agustus lalu siswanya telah dilatih untuk bisa berwirausaha. Dimana program tersebut merupakan program bantuan dari Kemendiknas.

“Allhamdulilah ada program bantuan dari Kemendiknas bagi siswa yang namanya program wirausahawan. Jadi siswa kami akan dilatih bagaimana menjadi seorang wirausahawan,” ungkapnya saat ditemui media ini, Jumat (20/9).

Dalam program kewirausahaan, kata Ustad Ahmad, pihaknya mendatangkan langsung pemateri pemateri dari wirausahawan Kolaka yang sudah sukses.

Selain itu, siswa akan diberikan modal usaha sebesar Rp 1 juta untuk mengolah dana tersebut dengan menyajikan suatu usaha yang bisa dikembangkan.

“Semua siswa diliabatkan tinggal siswa membuat kelompok usaha siswa (KUS), dan dalam satu kelompok KUS beranggotakan empat orang siswa. Kelompok inilah yang akan diberikan modal usaha. Jadi siswa nanti akan membuat suatu prodak yang ada nilai jualnya,” akuhnya.

Jadi tujuan dari program tersebut, agar jiwa kewirausahaan siswa dapat ditumbuhkan sejak dini, apalagi sekarang jamannya online shop jadi siswa tidak susah lagi untuk menjual prodaknya. Apalagi potensi Kolaka cukup baik dari segi kewirausahaan.

“Program ini sangat baik bagi siswa, sebab siswa diajarkan lebih kreatif untuk mengembangkan bakatnya dalam berwirausaha. dan rencananya pada bulan Oktober kita sudah adakan basar yang merupakan puncak kegiatan. Jadi disitu nanti akan ada transaksi jual beli karena ada produk siswa yang akan diperjualbelikan. Jadi pelan tapi pasti produk siswa yang memiliki potensi jual dipasaran nantinya akan dijual keluar agar usaha siswa semakin maju daj berkembang,” tutupnya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top