BERITA UTAMA

Bawaslu Goes To School Sasarannya Pemilih Pemula

Kegiatan Awal di SMK Negeri I Kolaka

 

KOLAKAPOS, Kolaka — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kolaka menyelenggarakan Kegiatan Bawaslu Goes to School di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kolaka. Kegiatan yang digelar pada 20/9 itu diikuti puluhan siswa dan siswi di sekolah itu.

Ketua Bawaslu Kolaka, Juhardin mengatakan, program Bawaslu Goes to School tidak hanya di lakukan di SMKN 1 Kolaka namun juga akan dilanjutkan dibeberapa sekolah menengah atas sederajat lainnya dengan tujuan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pemilih Pemula.

“Bawaslu Goes To School ini sasarannya memang Pemilih Pemula seperti pelajar-pelajar ini, sehingga jika Pemilu nanti tiba mereka bisa ikut berpartisipasi, netral dan mengerti akan aturan-aturan bisa tertib tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak tertentu dan  tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran Pemilu”, ungkapnya.

Dalam program tersebut, Bawaslu Kolaka memberikan sejumlah materi yang berisi wawasan pada pemilih pemula tentang kelembagaan Bawaslu serta pemahaman terkait peraturan-peraturan pemilu. “Sehingga mereka dapat memahami apa saja yang melanggar aturan maupun tidak dalam Pemilu,  yang pasti banyak manfaat dan hikmah yang bisa dirasakan oleh siswa di sekolah, dan akan tumbuh kesadaran pada siswa dan partisipasi mereka dalam Pemilu ke depannya,” terangnya.

Dengan adanya program Bawaslu Goes To School tersebut juga, lanjut Juhardin, saat penyelenggaran Pemilu ataupun Pilkada Kedepannya,  diharapkan sekolah bisa lepas dari berbagai pelangaran Pemilu karena siswanya sudah memahami peraturan-peraturan kepemiluan.

“Kegiatan ini juga sebagai sarana pendidikan politik sejak dini bagi pemilih pemula. Pemilih pemula diharap untuk benar-benar memahami hak pilihnya sebagai pemilih dan berperan aktif dalam mengawasi jalannya pemilu.

Sehingga diharapakan melahirkan pemilih cerdas untuk kemajuan bangsa dan negara kita,” tambahnya.
Dia juga mengatakan bagi pelajar yang sudah memiliki hak pilih, meski sebagai pemilih pemula bisa menjadi pengawas Pemilu Partsipatif nantinya. (mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top