BUTON UTARA

Bupati Butur Minta kepada Pemerintah Desa Mengedepankan Asas Manfaat

Abu Hasan dalam sambutanya

KOLAKAPOS, Buranga — Bupati Buton Utara, Abu Hasan meminta kepada seluruh jajarannya khususnya pemerintah desa di wilayah Buton Utara (Butur) ketika membuat program harus
mengedepankan asas manfaat bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan saat membuka secara resmi pelatihan penguatan pemerintah desa dan kecamatan tentang penerapan proses integrasi Program Perencanaan Jangka Menengah (PJM), Program Air Minum Kesehatan dan Sanitasi (Proaksi) ke dalam dokumen perencanaan dan penganggaran desa, disalah satu Hotel di Kulisusu beberapa waktu lalu.

“Kepada seluruh jajaran pemerintah desa agar membangun desa tidak hanya sekedar membangun, tetapi yang terpenting adalah mengedepankan asas manfaat bagi masyarakat, dan kemudian setelah pembangunan itu selesai, yang terpenting adalah memperhatikan perawatan dan pemeliharaanya,” kata Abu Hasan dalam sambutanya.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra ini menuturkan, cara pandang pemerintah desa dan kecamatan harus sama. Tanpa didukung masyarakat, semua tidak memberi manfaat yang berarti.

Olehnya itu ia katakan, pemerintah daerah saat ini tidak hanya fokus pada sektor-sektor tertentu.
Program pemerintah telah menyasar masuk sampai pada wilayah domestik ataupun urusan kebutuhan rumah tangga ikut dibangun.

“Kepada jajaran pemerintah kecamatan dan desa untuk mensukseskan pelaksanaan musyawarah ataupun proses pemilihan perangkat desa (BPD, Kepala Desa, RT/RW). Kekuatan dan suksesnya pembangunan di desa ditopang oleh partisipasi dari para pihak yang ada di desa,” ungkapnya. (k10/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top