BERITA UTAMA

Tokoh Adat Butur Gelar Tradisi Tahunan

Ritual Tahunan

KOLAKAPOS, Buranga–Lembag Adat Buton Utara (Butur) bersama Pemerintah Daerah Buton Utara menggelar tradisi yang dinamakan “Haroano Tau” di Baruga Keraton, Kecamatan Kulisusu, Rabu (26/9/2019).

Dalam acara tersebut masyarakat setempat menyugukan berbagai macam makanan dari hasil laut dan pertanian (Dulang), sebagai bentuk rasa syukur atas capaian selama satu tahun.

Acara dihadiri Sekda Butur, Muhammad Yasin, Asiten dan Staf Ahli Pemda Butur, Kadis Pariwisata Butur, Harlin Hari, sejumlah kepala OPD, Kapolsek Kulisusu, Kompol Ahali, Lakino Kulisusu, Laode Umar M, dan pengurus lembaga adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan undangan lainnya.

Ketua Lembaga Adat, Laode Umar M mengatakan, tradisi ini tiap tahun diadakan di Buton Utara.
“Tradisi seperti ini adalah kebiasaan yang baik dalam kehidupan sosial masyarakat, dan kegiatan seprti ini salah satu untuk kebudayaan manusia,” ujar dalam sambutanya.

Lakino Kulisusu ini mengungkapkan, sungguh banyak nilai yang diperoleh dari kegiatan tersebut diantaranya nilai persaudaraan, gotong royong, silaturrahmi, ekonomi dan nilai sosial untuk memperkokoh persatuan dan persaudaraan. “Semoga acara ini akan membawa manfaat yang besar kepada masyarakat Buton Utara,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Sekertaris Daerah Buton Utara, Muhammad Yasin memberikan apresiasi dan perhatian besar terhadap Lembaga Adat Buton Utara atas terselenggaranya kegiatan. Pada kesempatan itu ia pula menyampaikan permohonan maafnya Bupati tidak sepat hadir dalam acara, dikarenakan masih berada diluar daerah. (k10/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top